BPD Se Kuansing Lakukan Hearing, Politisi PPP Sebut BPD Jangan Cari Panggung

Kamis, 05 Oktober 2023

Foto: Istimewa

RADARPEKANBARU-Beredar video audiensi para ketua Forum Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) bersama anggota DPRD Kuansing terkait gagalnya APBD P tahun 2023, menuai sorotan publik.

Dalam video tersebut, salah seorang perwakilan BPD, Marzuki, menyampaikan bahwa dirinya merasa miris dengan kondisi yang terjadi di Kuansing. Ia menyarankan agar pemerintah dan DPRD melakukan introspeksi diri.

"Yang membuat saya miris dengan pemerintahan yang sama fraksi yang sama yang mengusung pemerintahan terpilih sekarang. RPJMD nya itu juga. Ndak malu awak, ambo mohon maaf ta jadi apo kito kini go,ambo menginginkan rill yang jelas" ujar Marzuki dengan logat melayunya.

Ia juga menyampaikan rasa malunya terkait dengan kondisi Kuansing saat ini.

"ini jalan kita satu ke kiri, satu ke kanan, itu asumsi masyarakat kita. Jangankan masyarakat luar. Kini kondisi kita sudah parah. Walaupun APBD-P itu wajib tapi ada yang harus disesuaikan pendapatan dan belanja daerah,” ungkapnya lagi.

Boby Hariansyah Purba, seorang politisi muda dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), menanggapi pernyataan tersebut dengan dingin karena menurutnya sama BPD se kuansing tak juga berfungsi.

"Menepuk air didulang terbecak muka sendiri tungau disebrang Lautan tampak, Gajah dipelupuk mata tidak Kelihatan" ujar Boby.

Dalam artian, anggota BPD pun tidak sadar diri mereka pun gagal melakukan tugas dan fungsi dalam pengawasan di Desa.

"Yang jadi pertanyaan saya apakah BPD sudah juga menjalankan tugas dan kewajibannya? Kalau saya pribadi melihat BPD belum bekerja sesuai tupoksinya, buktinya begitu banyak para kepala desa yang bermasalah hukum terkait penggunaan dana desa," ujar Boby.

Sesuai dengan Permendagri No.110/2016, Badan Permusyawaratan Desa mempunyai fungsi, membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyampaikan aspirasi masyarakat desa, dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa.

Boby juga menilai bahwa audiensi BPD Kuansing dengan DPRD Kuansing tersebut tidak ada gunanya.

“Jangan BPD terkesan bermain Politik, tidak usah mencari panggung dalam hal ini, bukan memberikan penyejukan dan mendinginkan suasana yang terjadi saat ini,” ujar Boby.

"Kita bukan tidak tau kalau BPD ini sudah merengek-rengek seperti anak kecil ketika audiensi dengan DPRD kabupaten kuantan Singingi untuk minta dibelikan inventaris Honda baru. Padahal sudah jelas dirapat dengar pendapat kemarin bahwa dewan tidak melarang anggaran itu asal sesuai dengan anggaran yang ada dan aturannya,” ujar Boby.

"Tapi kalau seperti ini tingkah laku BPD yang hanya mencari panggung tapi lupa dengan kinerja mereka sendiri.pengawasan di Desa-desa seperti banyaknya BUMdesa disetiap desa yang mati suri dan banyaknya para Kades yang tersandung masalah Hukum dan yang dilakukan Riksus oleh Inspektorat.ini adalah bentuk BPD tidak menjalan tugas dan tupoksinya,"ujar Boby. ***RH