Irma : 2015, Kota Pekanbaru Miliki 27 Kelurahan Baru

Selasa, 02 Desember 2014

Kepala Bagian tata Pemerintahan Setdako Pekanbaru, Irma Novrita.

RADARPEKANBARU.COM - Pemerintah Kota Pekanbaru akan memiliki 27 kelurahan baru dan tahun depan ditargetkan kota Pekanbaru telah memiliki 85 kelurahan.Bahkan, tidak tertutup kemungkinan jumlah kecamatan akan bertambah. Pasalnya proses pemekaran kelurahan itu sudah dimulai oleh Pemko tahun ini.

"Konsultan sudah melakukan kajian. Dari kajian itu didapatlah ada 27 kelurahan baru dari hasil pemekaran," kata Kepala Bagian tata Pemerintahan Setdako Pekanbaru, Irma Novrita, Selasa (2/12) kepada radarpekanbaru.com diruang kerjanya.

Dikatakannya, Konsultan sudah menetapkan lokasi pusat pemerintahan, nama kelurahan dan sebagainya. Kajiannya hampir final. Nantinya, hasil kajian ini akan menjadi dasar Pemko membuat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang akan diajukan ke DPRD tahun depan.

Irma menekankan, fokus pemekaran adalah pinggiran kota. Diantaranya ada di Kecamatan Tampan, Marpoyan Damai, Bukit Raya, Tenayan Raya, Payung Sekaki, Rumbai dan Rumbai Pesisir. Sementara yang terbanyak ada di Kecamatan Tenayan Raya.

Ada beberapa indikator yang mempengaruhi pemekaran. Diantaranya berkaitan dengan luas wilayah minimal 5 kilometer persegi, jumlah penduduk, keterjangkauan urusan pemerintah dan sebagainya. Dari kajian ini, ada beberapa kelurahan yang memang tergolong penting dan mendesak dimekarkan. Terutama karena jarak masyarakat dengan pusat pemerintahan tergolong jauh. Jadi dikuatirkan akan berpengaruh pada pelayanan pemerintahan.

"Jika Ranperda pemekaran kelurahan disetujui, tahun berikutnya Pemko akan mempersiapkan lahan, kantor pemerintahan serta sumber daya manusianya. Semua hal itu tak serta merta terpenuhi. Karena butuh perencanaan dan penganggaran." pungkasnya. (Ram)