Pemerataan Ekosistem Zakat Basis Kolaborasi, Kemenag Launching Kampung Zakat ke-28 di Bener Meriah

Jumat, 26 Mei 2023

Pemerataan Ekosistem Zakat Basis Kolaborasi, Kemenag Launching Kampung Zakat ke-28 di Bener Meriah

 

Aceh,-Kementerian Agama (Kemenag) meluncurkan Kampung Zakat ke-28 di Kampung Cekal Baru, Kabupaten Meriah, Provinsi Aceh. Peresmian dilakukan oleh Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Tarmizi Tohor, pada Kamis (11/5/2023).

Dalam acara peluncuran tersebut, Tarmizi menyampaikan bahwa program Kampung Zakat merupakan upaya konkret Kemenag dalam pemerataan ekosistem zakat berbasis kolaborasi.

"Program ini dikerjakan bersama-sama instansi dan lembaga pemerintah, pengelola zakat, dan pihak lainnya. Kolaborasi ini diharapkan dapat memantik lahirnya program-program lain berbasis zakat dalam memajukan ekonomi rakyat," ujar Tarmizi seperti dilansir dari laman resmi Kementerian Agama pada Jumat (12/5/2023).

Tarmizi menjelaskan bahwa tujuan dari program Kampung Zakat adalah meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menumbuhkan budaya zakat, sehingga berdampak pada pemberdayaan ekonomi dan pengentasan kemiskinan.

Dalam acara peluncuran tersebut, berbagai bantuan diberikan kepada masyarakat, di antaranya adalah 200 paket peralatan salat dari Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, 26 paket sembako dari Djalaluddin Pane Foundation, 100 paket sembako, 72 mushaf al-Qur'an, 100 paket rendang qurban, paket alat sekolah dari Panti Yatim Indonesia (PYI), dana pengembangan pengelolaan kopi dari Mizan Amanah, dan 250 paket kornet dari Rumah Zakat.

Program Kampung Zakat merupakan program kolaborasi antara Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan berbagai Lembaga Amil Zakat (LAZ). Program ini digulirkan pada tahun 2018 sebagai upaya Kemenag untuk mengentaskan kemiskinan dan mengangkat ekonomi di berbagai daerah di Indonesia, termasuk daerah 3T melalui pendayagunaan zakat.

Kampung Zakat di Bener Meriah melibatkan Kemenag dan Pemerintah Daerah setempat, Baitul Mal Provinsi Aceh dan Kabupaten Bener Meriah, LAZ PYI, Rumah Zakat, LAZ Al-Azhar, DT Peduli, Sahabat Yatim, Griya Yatim Duafa, Dewan Dakwah Islam Indonesia, Djalaluddin Pane, LAZ Baitulmaal Muamalat, Bakrie Amanah, dan Dompet Dhuafa, Badan Wakaf Indonesia (BWI), serta sejumlah Ormas Islam dan Tokoh Agama.(Bom)