Penanaman Padi Indeks IP 2000 Rangsang Pesisir, Bupati HM Adil : Semoga Menjadi Kualitas Tebaik

Sabtu, 18 Maret 2023

Penanaman Padi Indeks IP 2000 Rangsang Pesisir, Bupati HM Adil : Semoga Menjadi Kualitas Tebaik

Meranti,-  Bupati Meranti H Muhammad Adil SH MM berserta rombongan hadir pada acara tanam padi indeks pertanaman (IP 2000) di Desa Kedabu Rapat Kecamatan Rangsang Pesisir.(18/03/2023)

Turut hadir dalam acara tersebut, sekda Meranti Bambang Supriyanto, Rektor ITS, Danramil 02 ARH Isnanu, Kapolsek Rangsang Pesisir, Camat Rangsang Pesisir, Kepala Desa Kedabu Rapat Mahadi Sip, Asisten, Rombongan Kepala OPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa.

Acara dimulai dengan penyambutan dari ketua Gapoktan Warisno dia mengatakan bahwa, terima kasih banyak kepada Bupati Meranti H Muhammad SH MM beserta rombongannya telah hadir disini dalam acara penanaman padi. Penanaman ini suatu yang sangat langka karna dalam 1 tahun sampai dua kali panen dan dengan adanya mesin sangat cepat kerja beda waktu masih manual.

"Lahan padi ini masih berumur 6 tahun sangat muda sekali, dan berkat kekompakan masyarakat Desa Kedabu Rapat sehingga terjadi saat ini. Kemudian ini masih butuh lahan yang besar selain membantu masyarakat juga membantu pemerintah dalam pertanahan pangan di Kabupaten Kepulauan Meranti," kata Warsino.

"Penanaman IP (200) hanya 3 hektar dengan nama Gapoktan Jang Jaya dan berjumlah 60 petani dan inilah gambaran singkat, kita akan terus berusaha dalam meningkatkan upaya bagaimana kita bisa punya alat sendiri sehingga ada kemajuan kedepannya," ungkap Warsino.

Selanjutnya Ifwandi SP selaku Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dalam pidatonya, terima kasih banyak kepada Bupati Meranti H Muhammad SH MM telah hadir dalam acara ini semoga petani bisa makin semangat.

"Dan kita berharap kepada masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti khususnya Kedabu Rapat agar tanam padi dalam setahun dua kali ,(IP200) dan kami akan terus berbenah apa yang selalu menjadi masalah dalam pertanian. Kita juga melakukan pembinaan sehingga produksi bisa meningkat," ungkap Ifwandi.

"Saya berharap kepada rekan-rekan penyuluh bisa mendampingi masyarakat kita dalam melakukan penanaman padi, kedepannya kita akan berusaha semampunya untuk kemajuan petani," kata Ifwandi.

"Khusus Gakpotan di Desa Kedabu Rapat sudah mendiri dan semoga yang lain juga sama, saya sangat mendukung agar petani terus berusaha dalam mengembang kualitas taninya sehingga hasilnya lebih maksimal," sebut Ifwandi.

"Perlu diketahui kita juga sedang mengembangkan program ayam bertelur dan sudah sampai pada tahap 90% dan sengaja saya udang mahasiswa ITS beserta rektor agar dapat terjun langsung melihat kondisi saat ini dan kedepannya sudah siap bekerja dilapangan," sebut Ifwandi.

Berikut dalam pengarahanya Bupati Meranti H Muhammad SH MM mengatakan bahwa, kita juga sudah meminta kepada kementrian sebanyak 10.000 hektar dan Meranti harus belajar dari luar. Karna petani disana sekali panen 8 ton kita masih dibawahnya jadi perlu ditingkatkan lagi.

Sebagaimana kita ketahui bersama, Desa Kedabu Rapat ini merupakan salah satu desa yang aktif memproduksi benih padi unggul yang bersertifikat yang sudah dikenal oleh petani Kepulauan Meranti. Kegiatan penangkaran ini sangat berperan dalam memenuhi kebutuhan benih padi unggul di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Seperti yang akan kita lakukan hari ini yaitu gerakan tanam padi, walaupun banyak kendala yang dihadapi petani, antara lain faktor cuaca yang beberapa waktu lalu mengalami perubahan dan situasi yang kurang menguntungkan dalam bidang pertanian yaitu banjir, hujan, angin dan lain-lain, namun Alhamdulillah kegiatan tanam padi  ini dapat dilaksanakan.  

"Saya menyambut baik dan turut gembira serta bersyukur kepada Allah SWT dengan diselenggarakannya acara ini. Kita tentu sangat bersyukur, karena sudah 3 tahun para petani di Desa Kedabu Rapat yang tergabung dalam Gapoktan Kedabu Indah ini berhasil mengelola lahan pertaniannya dengan baik sehingga dapat menanam padi dua kali dalam setahun (IP 200)," kata H Muhammad SH MM.

"Saya ingin menggunakan kesempatan yang membahagiakan ini, untuk mengucapkan selamat serta penghargaan kepada seluruh bapak/ibu petani di Desa Kedabu Rapat yang telah berhasil melaksanakan program pemerintah sehingga menjadi petani maju, mandiri dan modern," ujar H Muhammad SH MM.

"Saya menghimbau kepada saudara camat, kepala Desa, gapoktan dan petani di Kabupaten Kepulauan Meranti khususnya di Desa Kedabu Rapat supaya tetap mempertahankan luas lahan sawah yang ada bahkan mungkin ditingkatkan jangan sampai dialih fungsikan agar kedaulatan pangan kita tetap terjaga. Sebab jika lahan sawah yang digarap semakin sedikit, maka tentu produksi padi kita produksi beras kita juga makin menurun," ungkap H Muhammad SH MM.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian akan sangat mendukung penuh dan terus berupaya membenahi permasalahan yang ada dipertanian ini.

"Saya yakin dan percaya dengan kesungguhan, kekompakan dan kebersamaan yang dibangun para petani, kita akan mampu berbuat lebih banyak dalam menyukseskan produksi pangan, maka insyaAllah Kabupaten Kepulauan Meranti bisa mengurangi kebutuhan beras dari luar dan kita bisa mandiri dalam penyediaan kebutuhan beras di Kabupaten yang kita cintai," ungkap H Muhammad SH MM.

"Demikianlah beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, dengan kesimpulan bahwa peluang untuk berinvestasi di bidang agribisnis dalam peningkatan produksi padi masih terbuka luas. Untuk itu mari kita bekerja keras lagi dalam mewujudkan Visi dan Misi Kabupaten Kepulauan Meranti dalam mensejahterakan masyarakat Meranti," sebut H Muhammad SH MM.

Acara di akhiri dengan pemotongan tumpeng dan dilanjutkan dengan penanaman padi indeks pertanaman (IP 2000) secara simbolis dengan mengunakan alat tanam oleh Bupati Meranti beserta rombongan.(Bom)