Desa Kedaburapat Realisasi Gerakan Penanaman Mangrove Pohon Serentak Se-Indonesia

Kamis, 16 Maret 2023

Desa Kedaburapat Realisasi Gerakan Penanaman Mangrove Pohon Serentak Se-Indonesia

 


MERANTI- Gerakan Penanaman Mangrove Pohon (GPMP) Serentak Di Desa seluruh Indonesia. Penanaman ini juga terealisasi di Desa Kedaburapat, Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau. Kamis Pagi,(16/03/2023)

Dalam kegiatan tersebut terpantau dilapangan, Budiansyah, Kabid KPH Tebing Tinggi Dinas Perkebunan, Mahadi, S.IP Kades Kedaburapat, Warsiman Ka Pokmas Kedaburapat, Kandarsono, Pokmas Anak Setatah M. Rafi, Pokmas Tanah Merah, Bhabinkamtibmas, Anggota Gerakan Pramuka Pangkalan MTs Raudhatul Tholibin Rangsang Peisir sebanyak 50 peserta.

Penanaman mangrove tersebut, bertujuan dalam rangka untuk melestarikan pohon bakau serta, meminimalisir ombak tinggi yang mengakibatkan abrasi hingga 10 Meter per tahun di Desa Kedaburapat, Berlokasi Belakang Batu Geronjang, Dusun II, Desa Kedaburapat Rangsang Pesisir. kegiatan ini bernama Pramuka Kwarran Rangsang Pesisir Tanam 2000 Pohon bakau dalam agenda, Penanaman Pohon Bakau Se-Indonesia.

Alhamdulillah tadi sukses digelar penanaman mangrove langsung dipandu oleh bapak Kadar Sono selaku senior motivator Pencinta Pelestarian Lingkungan. Beliau merupakan Tokoh dibidang mangrove dan tidak diragukan lagi soal masalah seperti mangrove ini."Ujar Mahadi Selaku kepala Desa Kedaburapat saat diwawancarai.

Dikatakan Mahadi, tentu dari ilmu beliau kerja nyata yang kelak akan menjadi motivasi untuk kita supaya selalu setia menjaga lingkungan kita khususnya, yang berada di kampung halaman.

Terlepas dari itu Mahadi berharap masyarakat hendaklah menanamkan rasa kepedulian dalam menjaga lingkungan agar terjaga dan menghijau.

"Kita dan semua pihak dari elemen masyarakat juga hendaklah tanamkan (Partisipasi) rasa kepedulian terhadap lingkungan agar kedepan, lingkungan kita terjaga dan kembali seperti dahulu yang penuh dengan hutan mangrove nya (Menghijau). "Tegasnya

Terkait realisasi penanaman mangrove yang dilaksanakan pada kamis siang mahadi mengapresiasi kinerja Pokwasmas dalam menjaga lingkungan serta berterimakasih. "Saya beserta Pemerintah Desa Kedaburapat Mengucapkan, ribuan terima kasih kepada POKMASWAS Karya Pesisir yang menjadi pelopor di bidang ini dan mengapresiasi semangat partisasipasi dalam menjalani aktivitas sebagai Pecinta lingkungan demi menjaga pesisir ini. Semoga Allah membalas Seluruh yang ikut berkecimpung dalam menjaga lingkungan ini terutama di bidang Lingkungan Laut Pesisir. "Tutupnya.(Zik).