Lima Daerah di Provinsi Riau Terima Penghargaan UHC Awards 2023

Rabu, 15 Maret 2023

RADARPEKANBARU.COM - Pemerintah Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kuansing dan Kota Dumai, mendapatkan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Awards tahun 2023 dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan 1 Maret 2023.

"Sampai dengan 1 Maret 2023 terdapat lima pemerintah daerah sukses mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau UHC hingga menghimpun sebanyak 5.841.857 jiwa penduduk Provinsi Riau telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)," kata Gubernur Riau Syamsuar di Pekanbaru, Selasa.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, jumlah penduduk Riau mencapai 6.646.390 jiwa sehingga yang menjadi peserta JKN kini adalah sebanyak 87,90 persen atau sebanyak 5.841.857 jiwa itu.

Ia mengatakan, sebanyak 5.841.857 jiwa itu dan khusus pada lima kabupaten/kota yang meraih UHC tersebut telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan.

"Penghargaan UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau," katanya.

Karena itu Syamsuar mengungkapkan rasa bangga atas pencapaian UHC di lima daerah dan terima kasih kepada BPJS Kesehatan dan OPD terkait yang telah bekerja keras agar masyarakat Provinsi Riau bisa terjamin ke dalam Program JKN.

Ia menjelaskan UHC di lima kabupaten kota terjadi karena dukungan anggaran oleh Gubernur dan DPRD Provinsi Riau dengan menjamin masyarakat Riau melalui budget sharing sebesar 55 persen pembiayaan APBD Provinsi Riau dan 45 persen pembiayaan APBD pemerintah kabupaten/kota untuk kuota 750 ribu jiwa peserta segmen PBPU Pemda.

Adapun alokasi anggaran APBD Provinsi Riau untuk iuran JKN segmen PBPU Pemda saja sebesar Rp173 miliar untuk tahun 2023.

"Terhadap UHC di lima kabupaten kota tersebut maka fasilitas kesehatan juga harus bisa makin optimal dalam melayani masyarakat. Ke depan kami, Pemerintah Provinsi bersama pemerintah kabupaten/kota akan terus memastikan seluruh penduduk Provinsi Riau tetap terjamin akses layanan kesehatannya melalui Program JKN-KIS," demikian Syamsuar.(ant)