Aliansi Masyarakat dan Mahasiswa, Minta Tutup Pabrik RAPP di Pelalawan

Kamis, 02 Maret 2023

https://youtu.be/ZHOgqZXB68E

Pangkalan Kerinci --Puluhan Mahasiswa dan Pemuda yang tergabung, mengatas namakan Aliansi Masyarakat Pelalawan (AMP) mengadakan aksi demonstrasi di depan gedung DPRD Kabupaten Pelalawan. Pangakalan Kerinci, (1/3/2023).

AMP, luapkan Kekecewaan denagan membakar ban di depan Gedung DPRD Pelalawan karena anggota DPRD tidak mau menjumpai masa aksi. Dalam orasinya, AMP menyatakan sikap, meminta;  

1. Pemerintahan RI untuk menutup pabrik RAPP dikarnakan berdampak buruh dibumi melayu,

a. Kebocoran gas beracun., b. Hujan asam semenjak berdiri yang menyebabkan kerusakan atap rumah di pangkalan kerinci dan sekitarnya., c. Dampak Sosial.

2. Oleh karena itu kami meminta Pemerintahan RI menutup PT. RAPP.

Selanjutnya, masa AMP melaksanakan Orasi di Jalan Maharaja Indra dan melaksanakan Sholat Ashar di Mesjid Raya Almutaqin. Setelah Sholat Ashar, AMP kembali melakukan orasi di jalan.

Dalam orasinya, Agus Rianda selaku Kordum, menyampaikan, sampai saat ini pemerintah pelalawan baik legislatif, eksekutif dan yudikatif, tutup mata atas kejadian gas beracun yang menimbulkan korban insiden gas beracun di PT RAPP.

Selanjutnya, masa bergantian melakukan orasi dengan mengutuk keras terhadap coorporate yang tidak memikirkan orang, melainkan kepentingan dan keuntungan coorporate tersebut. 

"Kejadian-kejadian yang telah terjadi di coorporate RAPP, ini adalah bagian renungan, introspeksi dan pembelajaran yang harus dikaji pemerintah untuk melakukan peninjauan terhadap perusahan RAPP," dalam orasinya

Kodri salah satu korlap, menyatakan, sebagai generasi muda Pelalawan, kami harus peka dan peduli terhadap negeri Pelalawan. 

"Kabupaten Pelalawan di juluki dengan Negeri Seiya Sekata, dimana masyarakat kampung Pelalawan ini harus di ayomi dan dilindungi, dari kemungkinan-kemungkinan bahaya yang dilakukan oleh coorporate yang tidak kita inginkan," ungkapnya

Penolakan yang dilakukan oleh beberapa negara luar dan daerah-daerah terhadap perusahan ini, seharusnya menjadi catatan bagi pemerintah daerah dan kita semua, tegasnya.

Lanjutkan aksi ke RAPP.

Ini bagian permulaan aksi, insyaallah kita akan melakukan kordinasi dan sosialisasi dengan semua elemen untuk melakukan aksi yang lebih besar selanjutnya. Terang kodri

Masa aksi juga membentang spanduk yang bertuliskan, Tutup Pabrik RAPP., Mosi Tidak Percaya Dengan DPRD Pelalawan., Pangkalan Kerinci Dalam Bahaya Zat Kimia RAPP., Jangan Jadikan Pangkalan Kerinci Porsea Jilid II. Perusahaan Pelalawan Sehat Tanpa Zat Kimia. (*)