PJ Bupati Kampar Dr H.Kamsol M.MM Berikan Penghargaan Kepada Wali Kota Tuo.

Sabtu, 25 Februari 2023

Pj Bupati Kampar saat memberikan Penghargaan Kepada Kota Tuo

 

Kampar,-  Wali Desa Koto Tuo Kecamatan XIII Koto Kampar dan Sungai Tarap Kecamatan Kampa menunjukkan komitmen yang tinggi dalam Penanganan Anak Tidak Sekolab (ATS)/Anak Putus Sekolah (APS). Keduanya menerima Anugerah Desa Pendidikan (ADDIK) menuju Desa Ekowisata Ramah Anak Peduli Perempuan dan Pendidikan (DERAPPP) dari PJ Bupati Kampar, Dr. H. Kamsol, M.M untuk kategori Paripurna.


Selain itu, PJ Bupati Kampar mengumumkan hadiah umroh wali/kepala Desa Pendidikan beserta istri yang memenuhi 10  kategori  Paripurna sampai 23 Februari 2023 berikut:
1. Sudah menerima Sertifikat Desa Pendidikan atas komitmennya melaporkan ATS/APS;
2. Memiliki Rencana Penanganan ATS/APS;3. Memiliki SK Koordinator Penanganan ATS/APS atau PKBM Rumah Kerlip Beriman.4. Melengkapi Daftar Tenaga Pendidik 5. Menyediakan Pustaka Desa untuk PKBM Rumah Kerlip Beriman
6. Menandatangani PKS/NKB tentang PKBM Rumah Kerlip Beriman dengan Koordinator YSKI Kab Kampar
7. Mengirimkan perwakilan ATS/APS pada Medium Limpah Kumandang.8. Memiliki Rencana Tindak Lanjut Medium Limpah Kumandang 9. Melengkapi persyaratan Dapodik setiap ATS/APS secara bertahap.10. Menyediakan alokasi untuk penanganan ATS/APS dari Dana Desa.

"Anugerah dari Pak Bupati ini menjadi penguat motivasi bagi kami. Pemenuhan Hak Atas Pendidikan adalah amanat konstitusi yang harus kami tegakkan. Gesa Desa Pendidikan Menuju Derappp yang Pak Bupati terutama dalam penanganan ATS ini sangat inovatif. Kami yang meminta kepada beliau melalui ibu untuk meresmikan Rumah Kerlip Beriman pada hati Guru Sedunia, 5 Oktober 2022, "ujar Syaifuddin, wali Desa Pendidikan Koto Tuo setelah menerima ADDIK.

Syaifudin mengajak Khairil Anwar, wali desa Sungai Tarap dan Yanti Kerlip bergegas menyambut PJ Bupati Kampar turun dari panggung. Pembukaan Kampar Expo 2023 ditandai dengan penyerahan Anugerah Desa Pendidikan oleh Dr. H. Kamsol,M.M dan bantuan telur untuk 3 panti asuhan dari ketua TP PKK, Deswita Kamsol.

Kedua Desa Pendidikan Paripurna ini juga menerima hadiah istimewa lainnya dari Dewan Kesenian Kampar (DKK), yakni pendampingan pembuatan Taman Pustaka Loka Budaya.  Quick Wins PJ Bupati Kampar ini merupakan ruang perjumpaan dan apresiasi bagi penggerak ekonomi kreatif di setiap Kecamatan.

"Kami siap mendampingi Desa Pendidikan Paripurna sesuai arahan Pak Bupati dengan membuka Taman Pustaka Loka Budaya sebagai wujud  ber DERAPPP buatkan Gerakan Bangkit Menuju Layak Anak Utama (Gerbang Melayu). Pelaksana program dan kegiatan di setiap OPD terkait, seperti Kabid Penerangan Jalan Umum, Dessy Eka Sari, Kabid Disperdagkopumk, Dedi, Kabid Jalan dan Jembatan, Amga bersama kami menyukseskan quick win Pak Bupati, yakni  DERAPPP Gerbang Melayu Beriman, "urai ketua umum DKK, David Hendra.

Taman Pustaka Loka Budaya Topian Kampau, Koto Tuo,dan Sungai Tarap menyediakan pasar seni dan gerai UMKM bagi 17 Desa Kreatif dan Menuju Desa Kreatif berikut:

1. Kecamatan XIII Koto Kampar: Desa Koto Tuo, Gunung Bungsu, Muara Takus, Pulau Gadang, Ranah Sungai, Balung, Lubuk Agung.2. Kecamatan Kampa:Sungai Tarap dan Pulau Birandang
3. Kecamatan Bangkinang: Binuang, Pasir Sialang, Muara Uwai, Pulau Lawas, Bukit Sembilan.4. Kecamatan Bangkinang Kota: Kelurahan Langgini, Ridwan permai, Kumantan

Produk ekonomi kreatif dari Desa Kreatif yang juga Desa Pendidikan  di Kecamatan Bangkinang Kota dan Bangkinang yang memenuhi standar akan mengisi Pasar Seni dan Gerai UMKM di Taman Pustaka Loka Budaya Topian kampau. Desa Kreatif dan Desa Pendidikan di XIII Koto Kampar di Desa Koto Tio dan Kampa di Sungai Tarap.

Strategi pembinaan yang unik dari DKK ini mendapat dukungan penuh Sekretariat Bersama (Sekber) Derappp Kampar. Apa dan bagaimana  wujud kolaborasi pentahelix yang ditaja PJ Bupati Kampar ini akan dikupas tuntas pada Talkshow DERAPPP Gerbang Melayu Beriman pada hari ketiga Kampar Expo 2023.(Bom).