Mulai Selasa, Tarif Bus TMP Naik Menjadi 4 Ribu Rupiah

Senin, 24 November 2014


RADARPEKANBARU.COM - Terhitung mulai Selasa (25/11) tarif ongkos untuk bus trans metro pekanbaru (TMP) akan naik dari 3.000 rupiah menjadi 4.000 rupiah. Kenaikan ini hanya diberlakukan untuk penumpang umum dan mahasiswa.

"Besok resmi sudah naik. Dan hari ini pengajuan dari Dishub berupa SK ke Walikota," terang Dirut Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan Kota Pekanbaru, Heri Susanto, Senin (24/11/14).

Kenaikan tarif tersebut tidak berlaku untuk kategori pelajar. Artinya, para pelajar tetap membayar sebesar 3.000 rupiah.

"Memang kenaikan ini rencananya diberlakukan awal 2015 mendatang. Namun menyusul adanya pertimbangan lain, sehingga kita mengambil langkah bijak dengan menaikkan tarif itu mulai Selasa besok," sebutnya lagi.

Heri juga menjelaskan, dengan kenaikan ini belum pasti membuat Pemko Pekanbaru mengurasngi subsidi yang selama ini diberikan. 

Karena besarnya kenaikan yang hanya sebesar 33 persen, dirasa masih tidak sebanding dengan kenaikan harga BBM besubsidi sebesar 36 persen.

"Subsidi belum tentu juga berkurang.
Karena situasi saat ini juga diiringi dengan kenaikan upah minimun kota (UMK) Pekanbaru." Jelasnya.

Sementara itu, Walikota Pekanbaru, Firdaus MT, mengatakan dalam penetapan tarif baru Pemerintah tentunya akan mempertimbangkan dengan kenaikan harga BBM dan biaya operasional sehingga warga tak merasa dibebani.

"Intinya ada kewajaran harga dengan biaya operasional kendaraan. Kita harus pertimbangkan dulu dengan kenaikan BBM, tapi tak jauh-jauh kali lah," sebutnya.

Sebelumnya, kenaikan tarif bus TMP sudah berulang kali didesak oleh para sopir oplet di Kota Pekanbaru. Dengan melakukan aksi mogok, para sopir oplet juga menghentikan paksa bus TMP yang sedang beroperasi. (Nof)