Perkemahan Akbar di Meranti, Bupati HM Adil : Semua Sekolah Wajib Masuk Pramuka

Jumat, 27 Januari 2023

Bupati Meranti H Muhammad SH MM Buka secara resmi Perkemahan Akbar Pramuka Penegak dan Pandega bersama Ketua Kwarcab Cabang Gerakan Pramuka di Bumi Pramuka Selatpanjang.(27/01/2023)

 

Meranti,- Bupati Meranti H Muhammad SH MM Buka secara resmi Perkemahan Akbar Pramuka Penegak dan Pandega  bersama Ketua Kwarcab Cabang Gerakan Pramuka di Bumi Pramuka Selatpanjang.(27/01/2023)

Turut hadir dalam acara tersebut Kapolres Meranti di Wakili, Danposal Selatpanjang, Danramil 02 Selatpanjang ARH Isnanu, Ketua Kwarcab Hj Rinarni, Seluru Kepala OPD dan Seluruh Anggota Pramuka.

Acara dimulai dengan laporan Hj Rinarni, selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Kepulauan Meranti memberikan apresiasi atas terlaksananya Rapat kerja Cabang Pramuka Tahun 2023 ini. Gerakan Pramuka merupakan salah satu pilar pendidikan kaum muda di Indonesia, dan dituntut untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa. Untuk itu dengan adanya  Rakercab ini, saya berharap bisa menghasilkan program kerja yang jelas yang tidak hanya bermanfaat bagi anggota pramuka saja namun juga seluruh masyarakat Kepulauan Meranti.

"Kita sebagai anggota pramuka harus lebih aktif dan produktif dalam menyusun kerja kegiatan kepramukaan di Kepulauan Meranti. Karena Gerakan pramuka merupakan salah satu gerakan yang membangun masa depan di Kota Metro, untuk itu mari kita bahu membahu membangun Kepulauan Meranti dalam segala bidang, karena ini merupakan wujud implementasi langsung Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka," kata Hj Rinarni.

"Kwartir Cabang Gerakan Pramuka adalah salah satu entitas dan mata rantai proses pendidikan yang membantu Pemerintah dan masyarakat di bidang pendidikan bagi kaum muda melalui Kepramukaan. Tujuan pelaksanaan Rakercab adalah untuk menyatukan gerak langkah Gerakan Pramuka, khususnya Kwarcab Kepulauan Meranti dalam pelaksanaan Revitalisasi Gerakan Pramuka, serta melahirkan suatu program kerja yang tepat guna dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan Pramuka di Kwarcab Kepulauan Meranti," sebut Hj Rinarni.

"Semoga dengan adanya  pelaksanaan Rakercab ini dapat menyatukan gerak langkah Gerakan Pramuka, khususnya Kwarcab Kabupaten Kepulauan Meranti dalam pelaksanaan Revitalisasi Gerakan Pramuka, serta melahirkan suatu program kerja yang tepat guna dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan Pramuka di Kwarcab Kabupaten Kepulauan Meranti," sebut Hj Rinarni.

Kemudian dalam pengarahanya Bupati HM Adil mengatakan bahwa, Gerakan pramuka sebagai organisasi pendidikan nonformal merupakan organisasi yang terkonsep dengan baik, memberikan manfaat menyeluruh dan vital sesuai dengan fungsi dari kepramukaan yang bermanfaat secara langsung dan tak langsung kepada peserta didik, anggota dewasa pramuka dan bagi bangsa dan negara. Peran pramuka saat ini, benar-benar menjadi kebutuhan bagi bangsa dan negara.

"Pramuka membentuk karakter pemuda bangsa, seperti beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, kedisiplinan, kesopanan, patuh pada aturan, kreatifitas, dan kecakapan berpikir serta   kreatif dalam mengatasi permasalahan. Selain itu, pramuka juga mengajarkan cara bertahan hidup dalam keadaan darurat, misalnya jika tersesat di hutan, survivel atau bertahan hidup dengan peralatan ala kadarnya, seperti tali,  kompas dan peta, memahami tanda-tanda alam, dan cara membuat tenda," kata H Muhammad SH MM.

"Pramuka juga mengajarkan tentang kebersamaan. pramuka mengajarkan untuk bekerja sama dengan orang lain, contohnya dalam kegiatan yang dilakukan secara kelompok.  Selain itu, pramuka juga mengajarkan cara berorganisasi dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Setiap anggota pramuka juga dituntut untuk bertanggungjawab dan aktif dalam kegiatan kelompoknya, tidak ego,  hal itu tentunya memberikan pengalaman yang sangat berguna, terutama nantinya setelah selesai pendidikan dan akan mencari  kerja," kata H Muhammad SH MM.

"Pada kesempatan ini saya ingin mengajak dan menaruh harapan kepada kakak-kakak sekalian beserta seluruh anggota Gerakan Pramuka se-Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kepulauan Meranti untuk dapat terus bersinergi membangun potensi Sumber Daya Manusia melalui Gerakan Pramuka di Kabupaten Kepulauan Meranti ini. Hal ini tentu sangat beralasan, karena Gerakan Pramuka memiliki posisi strategis, pada diri setiap anggota Gerakan Pramuka telah terpatri nilai-nilai yang terkandung dalam Tri Stya dan Dasa Dharma Pramuka," ujar H Muhammad SH MM.

"Tentu ini merupakan kerja berat membutuhkan keseriusan semua komponen yang tergabung dalam Gerakan Pramuka itu sendiri. Saya juga mengucapkan tahniah atas pelaksanaan perkemahan akbar dan seluruh rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan, ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam pelaksanaan program Gerakan Pramuka yang ada melalui saka-saka yang didirikan," kata H Muhammad SH MM.

"Selaku Ketua Kwartir Cabang, kami mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan atas terlaksananya kegiatan perkemahan akbar ini, Semoga dapat berjalan dengan lancar tanpa ada halangan yang berarti dan menghasilkan progress ke depan yang lebih baik dan bermanfaat serta bermartabat," sebut H Muhammad SH MM.

"Saya berharap kepada dinas pendidikan agar mensosialisasi sekolah semua di Kabupaten Kepulauan Meranti semua wajib masuk Pramuka karna ini bisa mendidik mental anak-anak, kemudian semua sekolah wajib punya drumband," sebut H Muhammad SH MM.(Bom).