Puskesmas Harus Siaga Menghadapi Lonjakan Pasien Korban Banjir

Kamis, 20 November 2014


RADARPEKANBARU.COM - Menghadapi terjadinya banjir hingga akhir tahun ini, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menyiagakan seluruh puskesmas untuk mengantisipasi peningkatan jumlah pasien paska banjir yang menyerang beberapa Kecamatan.
   
"Puskesmas diminta siaga banjir," kata Kadiskes Pekanbaru, Helda S Munir, dkepada Radarpekanbaru.com, Kamis (20/11/14)
   
Dikatakannya, saat ini ada beberapa Kecamatan yang rendah lokasinya mulai terendam air akibat luapan sungai Siak dan Sail. Luapan sungai ini sangat erat kaitannya dengan tingginya intensitas curah hujan di Pekanbaru belakangan ini.
  
"Memang sejauh ini banjirnya masih  pasang surut," kata dia.
   
Karena kondisi ini, pihaknya mengaku sudah menginstruksikan seluruh Puskesmas agar siaga, dan selalu memberikan laporan kepada Diskes terkait tingkat kunjungan dan penyakit yang mewabah.
  
"Kalau di perlukan untuk daerah yang terendam banjir kita akan kerahkan puskesmas keliling," kata dia.
  
Menurut dia, sejauh ini meski banjir sudah menlanda beberapa daerah seperti perumahan Fauzan, Tenayan, Rejosari, Rumbai Pesisir, dan Umban Sari. Namun sejauh ini tingkat kunjungan masih normal belum ada lonjakan.
  
"Dari laporan yang  kami terima belum ada lonjakan," papar dia.
  
Sementara untuk ketersediaan obat-obatan antisipasi kebutuhan mengobati berbagai penyakit yang timbul paska banjir, seperti diare, DBD, demam, dan sebagainya pihaknya mengaku sejauh ini mencukupi. Meski ada bebera jenis obat yang kini masih dalam proses pengiriman dari Diskes Provinsi Riau.
   
"Kita sudah mintakan, kekurangan obat akan datang dari gudang farmasi." Jelasnya. (Nof)