Tiga Kunci Keluarga Bahagia Sesuai Tuntunan Alquran

Sabtu, 14 Januari 2023

RADARPEKANBARU.COM - Setiap pasangan suami istri pasti berharap memiliki rumah tangga yang bahagia, damai, tenteram dan penuh kasih sayang. Berikut kunci untuk mewujudkan keluarga bahagia sesuai tuntunan Alquran.

Suami dan istri memiliki sikap qanaah 

Maksudnya setiap pasangan harus dapat menerima kelebihan dan kekurangan pasangannya. Sebab adanya perbedaan dari lelaki dan perempuan itu agar untuk saling mengenal satu sama lainnya untuk selanjutnya saling menerima dan menghormati setiap pasangan. 

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (Surat Al-Hujurat Ayat 13)

Suami dan istri saling menutupi kekurangan

Tidak boleh baik suami dan istri menceritakan aib pasangannya atau ke luar keluarganya kepada orang lain. Bila terjadi permasalahan hendaknya diselesaikan secara arif bijaksana sesuai tuntunan agama.

??????? ?????? ???????? ?????????? ????????? ?????? ??????????? ? ????? ??????? ?????? ?????????? ??????? ??????? ? ?????? ??????? ????????? ???????? ???????????? ???????????? ??????? ?????????? ??????? ???????? ? ???????? ????????????? ??????????? ??? ?????? ??????? ?????? ? ???????? ??????????? ??????? ??????????? ?????? ????????? ??????????? ???? ????????? ??????????? ???? ????????? ? ????? ????????? ?????????? ????? ????????? ? ????? ??????????????? ?????????? ?????????? ??? ???????????? ? ?????? ??????? ??????? ????? ???????????? ? ????????? ????????? ??????? ???????? ????????? ??????????? ??????????

Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan istri-istri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri'tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa. (Al Baqarah 187).

Menerima nasihat satu sama lainnya

Baik suami dan istri hendaknya menjalin komunikasi yang baik untuk mencapai kebahagiaan dalam rumah tangga. Baik suami maupun istri hendaknya saling memberikan nasihat satu sama lain dengan cara yang ma'ruf.(rep)