Emrizal Pakis Terpilih Aklamasi Pimpin KONI Riau

Sabtu, 07 Desember 2013


PEKANBARU,(radarpekanbaru.com)-Asisten II Setdaprov Riau, Emrizal Pakis, akhirnya terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum KONI Provinsi Riau periode 2013-2017 di Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) KONI Riau.

Terpilihnya mantan Kepala Bappeda Riau ini setelah calon lainnya Yuherman Yusuf, mundur dan tidak ingin dipilih sebagai calon Ketua Umum KONI Riau. Pasalnya,  Yuherman menganggap pemilihan ketua KONI sudah menyalahi undang-undang karena Emrizal Pakis masih menjabat sebagai Asisten II Setdaprov Riau. Sesuai dengan undang-undang keolahragaan, ketua umum KONI tidak diperbolehkan dari pejabat publik.

"Saya dengan ini menyatakan tidak mau dipilih sebagai ketua, saya legowo dan tidak akan maju," kata Yuherman, Jumat (6/12/2013).

Menanggapi keberatan Yuherman, Emrizal Pakis mengungkapkan, sudah siap menanggung semua resiko dan dirinya maju sebagai ketua juga sudah mengetahui semua aturan yang telah ditetapkan.

"Tidak mungkin saya datang kalau saya tidak siap, dan ini bukan rekayasa saya sudah memberikan pernyataan jangan dikhawatirkan," ungkap Emrizal Pakis.

Dijelaskan, dirinya tetap akan merangkul Yuherman Yusuf, dalam menjalankan organisasi KONI kedepan. Menurutnya, Yuherman Yusuf merupakan tokoh olahraga di Riau yang tidak bisa dilepaskan, dengan pengalamannya yang telah bertahun-tahun dan sukses meraih prestasi.

"Yuherman Yusuf sahabat saya. Saya masih mengagumi Yuherman, jangan khawatirkan kita tetap merangkulnya untuk bekerjasama dalam menyukseskan prestasi olahraga di Riau," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua KONI Pusat, Suwarno, mengaku salut dan bangga dengan hasil Musorprov KONI Riau yang berjalan alot, walaupun ada sedikit perselisihan dimana Yuherman Yusuf mundur sebagai calon Ketua.

Menurutnya, proses demokrasi Musorprov KONI Riau, berjalan sesuai amanat dari rapat koordinasi anggota KONI Riau.

"Tidak ada yang salah dalam Musorprov KONI Riau, terkait dengan jabatan Emrizal Pakis yang masih sebagai pejabat di provinsi juga sudah diselesaikan. Emrizal Pakis menyatakan siap mundur sebagai pejabat di Pemprov Riau. Sehingga sesuai dengan hasil bersama tidak ada yang salah," kata Suwarno.

Dikatakan Swarno, dirinya menghormati dan mengapresiasi keputusan Yuherman yang legowo menerima hasil keputusan dan meminta agar Yuherman turut untuk membantu dan mendukung pengurus baru dibawah pimpinan Emrizal Pakis nantinya.(hrc)


Editor:  Ramli