Wabup Meranti H.Asmar Hadiri Raker Penyelenggaraan Pemdes se-Riau Tahun 2022

Kamis, 01 Desember 2022

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam hal ini Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti AKBP (Purn,) H.Asmar hadiri rapat kerja penyelenggaraan pemerintah desa se-Provinsi Riau Tahun 2022.

 

RadarPekanbaru Meranti ,-Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam hal ini Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti AKBP (Purn,) H.Asmar hadiri rapat kerja penyelenggaraan pemerintah desa se-Provinsi Riau Tahun 2022.

Selain itu, Hadir di acara tersebut Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi, Gubernur Riau Syamsuar, Bupati,Wakil Bupati,Walikota,Kepala Dinas PMD, Kadis capil, Kadis Bapeda,Kadis inspetorat,Camat dan kepala Desa se-Provinsi Riau.

Mengawali penyampaian,Wamendes Budi mengatakan Provinsi Riau memiliki prestasi dalam memajukan desa. Itu dibuktikan pada 2022 dengan bertamabahnya desa mandiri sebanyak 159 desa.yang dari sebelumnya pada tahun 2019 desa mandiri hanya 10 desa.

“ Perkembangan kemajuan desa di Riau sangat signifikat. Sangat melejit, bahkan dari pantauan kementrian desa, Riau adalah salah satu provinsi yang pembangunan desanya sangat cepat,” katanya.

Hal itu disampaikannya saat memberikan kata sambutan di SKA CO-EX, Kota Pekanbaru, Kamis (01/12/2022).

Diungkapkannya, penyaluran dana Desa di Riau dari 2019 sangat meningkat berkali lipat hingga 2022. Itu dilihat dari data yang telah dijabarkan oleh Gubernur Riau Syamsuar.

Dengan begitu, menurutnya ini sangat sejalan terhadap komitmen Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang mampu membangun infrastruktur untuk pemberdayaan masyarakat di desa-desa agar bergerak lebih cepat.

“ Dan persepsi pak Jokowi dengan membangunan Daerah pinggiran memang memungkinkan untuk desa bergerak lebih cepat,” ungkapnya.

Pada kesempatannya, Gubri Syamsuar menjelaskan terdapat 159 desa mandiri, 520 desa maju, 801 desa berkembang, 87 desa tertinggal dan 24 desa sangat tertinggal. 

Sehingga Gubernur Syamsuar targetkan, pada tahun 2024 desa mandiri akan semakin bertambah dan desa sangat tertinggal di Provinsi Riau tidak ada lagi.

Gubri mengatakan, bantuan keuangan khusus ini  akan diprioritaskan tehadap desa-desa di Riau untuk maju. Adapun besaran BKK Desa tahun 2023 adalah Rp. 278.425.000.000,-, dengan rata-rata per desa sebesar Rp. 175.000.000,.

“ Namun perlu kami sampaikan, bahwa besaran yang akan diterima oleh desa tidak sama, tetapi diberikan secara proporsional sesuai dengan klasifikasi perkembangan BUMDesa di masing-masing desa.” pungkasnya.

Kemudian Wabup Meranti H.Asmar 
mengatakan, saya berharap, dengan adanya Raker tersebut terlebih dihadiri Wamendes, dan Gubernur Riau, diharapkan kedepan Desa di Meranti makin maju, dan tidak ada lagi desa miskin ekstrem di Meranti. 

Apalagi kabar baik datang dari Wamendes dan Gubernur yang akan mengucurkan anggaran besar untuk desa, dan diharapkan dapat membantu Desa desa yang ada di Meranti dan juga se provinsi Riau. 

"Saya berharap, kepada pemerintah kecamatan Maupun pemerintah Desa yang ada di meranti mari kita sama - sama bangun Meranti agar meranti lebih maju kedepan nya," tutur wabup.(Bom).