Pesarta Munas KAHMI XI Asal Riau Sudah Mendarat Dengan Selamat di Palu.

Jumat, 25 November 2022

PALU–Sejumlah pesrta penuh, peninjau dan para penggembira romli (rombongan liar) asal Riau sudah tiba di Kota Palu dengan selamat dalam rangka Musyawarah Nasional (Munas) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) ke-XI.

Rombongan yang terdiri dari para pengurus MW/ MD dipimpin langsung oleh Sekjen MW Riau, Jenewar Effendi. Peserta asal Riau sempat menginap dulu di Jakarta hingga melanjutkan penerbangan di hari Jumat (25/11/2022) pagi.

Ketua MD KAHMI Pekanbaru Hendri Marhadi mengatakan bahwa kehadiran peserta untuk mengikuti Munas setidaknya untuk 3 hari kedepan.

"Alhamdulillah sampai dengan selamat, dan saya ucapkan selamat bergembira dan selamat ber Munas" kata Hendri Marhadi yang juga Dosen UNRI ini.

Menurut Hendri bahwa Musyawarah Nasional (Munas) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) ke-XI di Palu Sulawesi Tengah (Sulteng) yang berlangsung mulai Kamis 24 November hingga Minggu 28 November 2022.

"Puncak penutupan Minggu" tambahnya.

Sebagaimana diketahui rombongan asal Riau juga sudah ada yang hadir sehari sebelum Munas berlangsung.

Berikut rangkuman susunan acara Munas ke-XI KAHMI tahun 2022 di Kota Palu Sulteng.

KAMIS 24 NOVEMBER 2022.

Registrasi peserta yang dimulai pukul 08.00 hingga 18.00 WITA di Ball Room Hotel Best Western Palu.

Pukul 19.00 sampai dengan 21.00 WITA dilanjutkan dengan malam silaturahmi/gala dinner keluarga besar KAHMI dengan susunan acara pembacaan ayat suci Al Qur’an, sambutan ketua panitia dan ucapan selamat datang. Lalu sambutan masing-masing dari Gubernur Sulteng, Rusdi Mastura, Ketua Umum MW KAHMI Sulteng Andi Mulhanan Tombolotutu, sambutan Koordinator Presidium MW KAHMI Sulteng, Doli Kurnia Tanjung, Ketua Dewan Pakar KAHMI, M Mahfud MD, Ketua Dewan Etik KAHMI, H M Jusuf Kalla, dan Ketua Dewan Penasehat KAHMI H Akbar Tandjung dan ditutup dengan orasi kebangsaan oleh Anies Baswedan.

JUMAT 25 NOVEMBER 2022

Dimulai pukul 08.00 hingga 10.00 WITA upacara pembukaan Munas di Sriti Convention Hall. Dengan susunan acara tarian selamat datang, pembukaan, pembacaan ayat suci Al Qur’an, lagi Indonesia raya, hymne HMI, pembacaan doa dan laporan ketua panitia nasional, Sabaruddin serat laporan koordinator presidium majelis Nasional KAHMI, A Doli Kurnia Tanjung.

Pada pukul 10.15 sampai 11.30 WITA, dilanjutkan dengan sambutan Gubernur Sulteng Rusdy Mastura dan pidato dan sambutan Presiden RI Joko Widodo dengan tema prospek Indonesia sebagai pusat peradaban baru.

Pembukaan ditandai pemukulan alat musik khas Sulteng masing-masing oleh Presiden RI, Gubernur Sulteng, koordinator presidium MN KAHMI, Sekretaris jenderal dan bendahara umum MN KAHMI, ketua dewan penasehat,ketua dewa pakar, ketua dewan etik, koorpres MN FORHATI, ketua panitia nasional Munas, Ketua Umum MW KAHMI Sulteng dan ketua paniti daerah.

Dilanjutkan sidang pleno pengesahan agenda acara dan tata tertib Munas sekaligus pemilihan pimpinan sidang Munas. Pada pukul 13.00 sampai 15.00 WITA, acara berlanjut agenda seminar I dengan tema peran strategis ummat dalam membangun peradaban baru. Keynote speaker dalam seminar ini adalah Menko PMI RI, Muhadjir Efendi.

Narasumbernya antara lain, Ketua Umum PB Nahdatul Ulama, KH Yahya Cholil Staquf, Ketua Umum PP Muhammadiyah, H Haedar Natsir, Ketua Umum PB Al-Washliyah, H Masyhuril Khamis, Ketua Umum Syarikat Islam, H Hamdan Zoelva, Ketua MUI Sulteng, Habib Ali bin Muhammad Aljufri. Acara dimoderatori Moksen Idris Sirfefa.

Seminar II dilaksanakan pukul 19.30 hingga 21.00 WITA dengan tema konstruksi kebijakan pemulihan ekonomi di tengah era digital. Keynote speaker seminar II ini adalah Airlangga Hartanto.

Dengan narasumber antara lain Menteri BUMN RI, Erick Tohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM RI, Bahlil Lahadalia, Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan Ketua Umum KADIN, M Arsjad Rasjid. Pengamat ekonomi maritim, Rochmin Dahuri. Moderator pada seminar II ini adalah Lukman Malanuang.

Pukul 21.00 hingga 24.00 WITA diteruskan sidang pleno II dengan agenda penyampaian laporan pertanggungjawaban Presidium MN KAHMI masa bhakti 2017 – 2022.Pandangan dan tanggapan peserta Munas dan pernyataan demisioner Presiden MN KAHMI masa bhakti 2017-2022.

SABTU 26 NOVEMBER 2022.

Pukul 08.30 sampai 10.30 WITA dilaksanakan seminar nasional IV bertema transformasi sistem nilai pada era digital. Keynote speaker pada seminar ini adalah adalah Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo dan dimoderatori Lely Pelitasari Soebekty.

Dengan narasumber antar lain Menteri PPN/Kepala Bappenas RI, H Suharso Monoarfa, Rektor Institut Pertanian Bogor, Arif Satria, Rektor Universitas Insan Cita Indonesia, Laode M Kamaluddin dan praktisi bisnis digital, Musfihin Dahlan.

Pukul 10.35 hingga 12.00 WITA digelar sidang komisi antara lain komisi A (AD-ART dan pedoman organisasi). Komisi B (Progam Kerja) dan Komisi C (Rekomendasi).

Baca Juga :  Kapolri, Panglima TNI dan Menkes Kunjungi Lokasi Vaksin, LDII Menuai Apresiasi
13.30 hingga 14.00 WITA dilanjutkan sidang pleno III pengesahan hasil komisi A,B dan C. Lalu sidang pleno IV dengan agenda pembaca keputusan panitia seleksi calon presiden MN KAHMI, masa bhakti 2022-2027 oleh pimpinan sidang sekaligus penyampaian visi misi calon presidium MN KAHMI 2022-2027.

Pukul 16.00 sampai 18.00 WITA rangkaian dilanjutkan dengan pemilihan presidium MN KAHMI masa bhakti 2022-2027. Pukul 19.00 sampai 24.00 WITA lanjutan pemilihan presidium MN KAHMI 2022-2027 yang ditutup dengan penetapan dan pelantikan presidium terpilih MN KAHMI yang baru.

MINGGU 27 NOVEMBER 2022.

Upacara penutupan Munas dengan acara tarian penutup, pembukaan, pembacaan ayat suci Al Qur’an, lagi Indonesia raya. Lalu sambutan presidium MN KAHMI terpilih, sambutan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

Kemudian persiap check out bagi peserta untuk pulang ke daerah masing-masing.

Rangkaian Munas ke-XI KAHMI ditutup dengan KAHMI peduli dan jalan sehat nasional ke Huntap Kabupaten Sigi. Dengan mata acara antara lain sambutan ketua panitia lokal, Muhammad Tapiv, Ketua MW KAHMI Sulteng, Mulhanan Tombolotutu, presidium MN KAHMI terpilih, Menteri PUPR, Basoeki Hadimuljono, Ketua DPR-RI Puan Maharani.

Rangkaian kegiatan KAHMI peduli ini akan ditutup dengan penyerahan-penyerahan bantuan. (Rls)