Bupati Meranti HM Adil, Buka Secara Resmi Pelatihan Bimtek Peningkatan Kualitas SAKIP

Senin, 14 November 2022

Bupati Meranti Buka Secara  Resmi Pelatihan Bimtek Peningkatan Kualitas SAKIP di Hotel Grand Zuri Secara Virtual dari Aula Gedung Hijau Kantor Bupati Meranti.(14/11/2022)

 

Meranti,- Bupati Meranti Buka Secara   Resmi Pelatihan Bimtek Peningkatan Kualitas SAKIP di Hotel Grand Zuri Secara Virtual dari Aula Gedung Hijau Kantor Bupati Meranti.(14/11/2022) Pagi ini.

Selain itu, dalam hal itu acara dimulai dengan laporan dari Asnawi, saya ingin menyampaikan bahwa untuk nilai kita B insyaallah pada 2022 kita meningkat, adapun menjadi tujuan dari kegiatan ini untuk mendorong perangkat daerah di Kabupaten Kepulauan Meranti, adapun peserta lebih kurang 110 yang terdiri kepala OPD, serta camat se-kabupaten kepulauan Meranti.

"Insyaallah kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, kami berharap selesai acara ini kami ingin menampilkan sebuah dokumen SAKIP sehingga pelatihan ini benar-benar membekas dan untuk angaran dari APBD Meranti", kata H Muhamad Adil SH MM di sela acara.

Dia juga mengatakan, Atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Saya menyambut baik dan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap pelaksanaan acara ini karena acara Bimbingan Teknis Peningkatan Kualitas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Kepulauan Meranti.

" Ini merupakan bentuk komitmen kita dalam pencapaian nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah  dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti sehingga tercapailah Meranti yang Maju, Cerdas dan Bermartabat," ungkap H Muhammad Adil SH MM.

Ia menambahkan, dalam sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang selanjutnya disebut SAKIP merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

" Implementasi SAKIP dilaksanakan terhadap              4 (empat) komponen besar manajeman kinerja secara lengkap dan menyeluruh. Keempat komponen manajemen kinerja tersebut antara lain: Perencanaan Kinerja, 2. Pengukuran Kinerja, 3. Pelaporan Kinerja; dan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Internal," jelasnya.

Dia menjelaskan, Sampai saat ini, capaian SAKIP Kabupaten Kepulauan Meranti masih berada pada nilai B, dan hal ini harus dapat ditingkatkan lagi, agar menjadikan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti lebih baik lagi kedepannya, karena SAKIP merupakan Rapor Penilaian Kinerja dari Pemerintah Daerah, jika capaian SAKIP Kabupaten Kepulauan Meranti dapat meningkat lebih baik, maka artinya kinerja Bupati dan Wakil Bupati serta Seluruh ASN di Kabupaten Kepulauan Meranti juga meningkat menjadi lebih baik.

Selain itu, Dengan ditetapkannya Peraturan Menteri PANRB Nomor 88 Tahun 2021 Tentang Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, maka akan terdapat perubahan instrumen penilaian SAKIP yang akan dilaksanakan pada tahun 2023. Oleh karena itu, Bimbingan Teknis yang akan dilaksanakan selama 3 hari kedepan ini sangat lah penting yang mana diharapkan dapat meningkatkan pemahaman baik Pimpinan OPD maupun ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Dengan demikian saya meminta kepada seluruh Pimpinan Perangkat Daerah, melalui Bimbingan Teknis ini dapat meningkatkan kualitas dari implementasi SAKIP di Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti secara simultan yang pada akhirnya kita secara bersama-sama mampu meningkatkan capaian nilai implementasi SAKIP Kabupaten Kepulauan Meranti secara signifikan," jelas Orang Nomor satu di Kota Sagu Penghasil Liberika tersebut. 

Masih Kata H.M Adil Pula, saudara-saudara para peserta dan hadirin yang berbahagia,untuk Mewujudkan Meranti yang Maju, Cerdas dan Bermartabat.Tentu kita membutuhkan komitmen dan kerja keras yang tinggi, salah satunya adalah dengan memperbaiki pemahaman kita melalui kegiatan yang akan dilaksanakan selama 3 hari kedepan ini. 

Oleh karena itu, saya minta komitmen dan keseriusan dari seluruh peserta Bimbingan Teknis untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik- baiknya. Untuk dapat hadir tepat waktu, tidak meninggalkan kegiatan ini seperti keluar masuk ruangan maupun melakukan kegiatan lain yang dapat memecahkan konsentrasi, sehingga ilmu yang akan dipaparkan oleh narasumber dapat terekam maupun dipahami. Melalui panitia pelaksana saya akan tetap memantau atensi saudara-saudara sekalian terhadap kegiatan ini.

"Bimbingan Teknis Peningkatan Kualitas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya Pemerintah Kabupaten Meranti dalam mewujudkan manajemen berbasis kinerja di lingkungan pemerintah sesuai yang diamanatkan oleh Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja PNS", katanya H Muhamad Adil SH MM. 

"Patut saya ingatkan kembali bahwa mulai awal tahun 2023 nanti, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti akan menerapkan Sistem Manajemen Kinerja Aparatur Sipil Negara yang berbasis teknologi digital. Sistem ini akan mengatur dan mengukur capaian kinerja Aparatur secara individu", tutupnya H Muhammad SH MM.

"Dengan instrumen ini tiap-tiap aparatur akan diberikan besaran insentif sesuai dengan capaian kinerjanya masing-masing. Aplikasi ini akan digunakan juga sebagai instrumen untuk pengembangan pola karir Aparatur Sipil Negara di Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti sebagaimana yang tertuang dalam peraturan perundang-undangan tersebut di atas", bebernya H Muhamad Adil SH MM.

"Semoga dengan pelaksanaan Bimbingan Teknis ini dapat memberikan penyegaran dan peningkatan pemahaman serta kualitas implementasi SAKIP kita semua", tutupnya H Muhammad SH MM.

Selanjutnya, acara di akhiri dengan dibukanya pelatihan Bimtek SAKIP.(Bom).