Tes CPNS Dengan CAT Hanya Bisa Loloskan Ratusan Peserta

Selasa, 11 November 2014


RADARPEKANBARU.COM - Pihak Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pekanbaru menyebut, bahwa untuk Tes Kemampuan Dasar (TKD) dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) hanya akan meluluskan 600 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari 8.990 peserta yang mengikuti ujian di Kota Pekanbaru.

"Sehingga untuk mencari yang terbaik, hanya akan ada 600 peserta yang lulus untuk melangkah ke tahap selanjutnya berupa tes wawancara tentang kemampuan dan test psikologi," terang Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pekanbaru, Azharisman Rozie kepada Radarpekanbaru.com, Selasa (11/11/14).

Rozie mengatakan, dari ribuan peserta yang masih mengikuti tahapan tes, Kota Pekanbaru nantinya hanya menerima sebanyak 200 CPNS saja untuk 2014 ini.

"Namun menurutnya kelulusan TKD tersebut bukan 600 peserta dengan nilai terbaik tetapi tiga terbaik di setiap pilihan formasi," tambahnya.

Meski begitu, Lanjut Rozie, rencana itu masih diusulkan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB). Sehingga bila tidak dikabulkan maka peserta yang lulus hanya 200 orang sesuai jumlah formasi yang tersedia. 

"Tetapi dalam aturannya pengadaan testing lanjutan berupa wawancara ataupun psikologi diperblehkan untuk dilakukan." Tukasnya. (Nof)