Nasib Honorer Tenaga Administrasi Pemprov Riau Tunggu Juknis Pusat

Senin, 15 Agustus 2022

RADARPEKANBARU.COM - Nasib ribuan honorer tenaga administrasi di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau saat ini belum jelas.

Pasalnya, hingga saat ini belum ada petunjuk teknis (Juknis) terkait nasib para tenaga honorer khususnya di bidang administrasi.

Untuk tenaga honorer di bidang keamanan, kebersihan, driver dan guru sendiri sudah ada juknisnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau Ikhwan Ridwan mengatakan, sesuai juknisnya, untuk tenaga honorer di bidang keamanan, kebersihan dan driver, akan dijadikan tenaga outsourcing atau dikerjasamakan dengan pihak ketiga.

"Kalau untuk tenaga keamanan, kebersihan dan driver akan dijadikan outsourcing. Begitu sesuai juknisnya dari pemerintah pusat," kata Ikhwan.

Sementara itu, untuk tenaga guru, akan dijadikan sebagai tenaga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Kemudian untuk tenaga honorer di bidang administrasi, Pemprov Riau hingga saat ini belum ada mendapatkan juknis.

"Kalau untuk yang tenaga administrasi kami belum dapat juknis, tapi pak gubernur tetap memperjuangkan nasib honorer agar tidak ada yang diberhentikan," ujarnya.

Ikhwan mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan pendataan para tenaga honorer. Dari data yang terkumpul, jumlah tenaga honorer di lingkungan Pemprov Riau sebanyak 19.690 orang.

Jumlah tenaga honorer tersebut berasal dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada. Dimana tenaga honorer yang terbanyak berasal dari Dinas Pendidikan Riau.

"Kami sudah selesai mendata. Data yang masuk tenaga honorer di lingkungan Pemprov Riau sebanyak 19.690 orang, paling banyak di Disdik Riau sekitar 13.284 tenaga administrasi termasuk guru honor yang tersebar di seluruh kabupaten/kota, guru itu sekitar 8.000-an," tutupnya.(ckc)