Rohil Raih Penghargaan Kota Terbersih Tingkat Provinsi Riau

Senin, 15 Agustus 2022

RADARPEKANBARU.COM - Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) meraih penghargaan Sebagai Kota Terbersih Tingkat Provinsi Riau tahun 2022 dari Pemprov Riau. 

Sertifikat dan tropy Sebagai Kota Terbersih Tingkat Provinsi Riau Tahun 2022, diserahkan langsung Gubernur Riau H Syamsuar kepada Bupati Rohil Afrizal Sintong, pada acara Memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) XIII Tahun 2022 di Taman Hutan Raya, Kecamatan Minas,  Kabupaten Siak, Minggu (14/8/2022). 

Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) XIII Tahun 2022 tingkat Provinsi Riau itu juga bersempena Hari Jadi Provinsi Riau yang ke 65, bertema "Cinta Alam Tahura Menuju Riau Hijau". 

Penghargaan tersebut diberikan kepada Kabupaten Rohil, serta kabupaten dan kota lainnya di Riau, sebagai bentuk memasyarakatkan perlunya dilakukan konservasi alam dan melestarikan tanah, air, hutan, dan rawa, sebagai penyangga setiap kehidupan di dunia. 

Untuk itu, Pemprov Riau, yang masih dalam suasana Hari Jadi ke 65,  memberikan penghargaan kepada Kepala Daerah yang berhasil meningkatkan pengelolaan kebersihan dan keteduhan untuk kategori Kabupaten atau Kota yang ada se Provinsi Riau. 

Terdapat enam kabupaten yang meraih penghargaan Lomba Kebersihan Kota, yaitu Kabupaten Rokan Hilir, meraih peringkat pertama. Selanjutnya Kabupaten Bengkalis, Siak, Kampar, Pelalawan, dan Kuantan Singinggi (Kuansing). 

Selain itu, lima sekolah di Kabupaten Rohil, mendapatkan penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Riau Tahun 2022, yakni SD Negeri 003 Sei Menasib, SD Negeri 010 Bangko Sempurna, SD Negeri 007 Tangga Batu, SMP Negeri 02 Bangko, dan SMA Negeri 05 Bagan Sinembah. 

Bupati Rohil Afrizal Sintong SiP, didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Rohil Suwandi S.Sos, MSi, serta Kabid IKP Diskominfotiks Hasnul Yamin, menyampaikan apresiasi kepada DLH dan masyarakat Rohil dengan diraihnya penghargaan sebagai Kota Terbersih di Riau Tahun 2022. 

"Luar biasa. Ini kita raih atas kerja keras dan niat baik kita semua, terutama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rohil," kata Bupati Rohil Afrizal Sintong. 

Semoga kedepannya, sebut Bupati, bisa dipertahankan, bahkan lebih tingkatkan lagi. "Sekali lagi terimakasih kepada DLH Rohil, semua pihak, dan masyakarat Rohil pada umumnya," tutur Bupati Afrizal.(rtc)