Tingkatkan Pelayanan di Jalan Raya Aplikasi Si Talap Hadir di Meranti.

Jumat, 12 Agustus 2022

Satlantas Polda Riau akan segera meluncurkan secara resmi aplikasi Si Talam Manis (Polisi Tanggap, Melayani Masyarakat Dengan Humanis) di Kepulauan Meranti Riau.

 

Meranti, - Upaya Satlantas Polda Riau akan segera meluncurkan secara resmi aplikasi Si Talam Manis (Polisi Tanggap, Melayani Masyarakat Dengan Humanis) di Kepulauan Meranti Riau.

"Aplikasi berbasis android ini diluncurkan dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya bagi pengendara di jalan," kata Baur STNK Samsat Selatpanjang Aipda Hittoh Zaka Takahara saat bersama kepala UPT Bapenda Selatpanjang Sudirman SH saat berjumpa kepada awak media.
beberapa waktu lalu.

Menurut Hittoh pula, aplikasi ini dapat digunakan oleh seluruh masyarakat untuk melaporkan kejadian penting di jalan raya.

"Dimana nantinya laporan masyarakat itu akan dengan cepat direspon petugas yang berada dekat dengan lokasi kejadian," ujarnya lagi.

Diakuinya pula,Ini adalah inovasi dan Direktorat Lalu Lintas untuk masyarakat, dengan adanya aplikasi ini seluruh masyarakat dapat melaporkan segala kejadian di jalan untuk direspon secara cepat oleh petugas yang berada di dekat kejadian.

 " Apabila di satu tempat terjadi kecelakaan, maka masyarakat bisa melaporkannya melalui aplikasi. Dimana aplikasi tersebut akan memberikan pemberitahuan kepada petugas yang berada di dekat kejadian untuk merespon dengan cepat kejadian tersebut," jelasnya.

Ia menyampaikan, bahwa pada saat ada laporan masyarakat, petugas yang ada di sekitar akan langsung mendapat informasi langsung ditindak lanjuti secara cepat.

" Dengan melalui aplikasi juga masyarakat dapat mendapatkan informasi lain seperti kondisi kemacetan, permintaan pengawalan, info layanan lainnya dan bahkan bisa mendapat gambaran cctv untuk daerah-daerah tertentu yang sudah tersedia CCTV," kata dia.

Ia sembari berharap, Aplikasi ini berorientasi pada respon cepat terhadap kondisi yang ada di jalan dan mempermudah masyarakat dalam memberikan laporan 

"Bagi masyarakat yang ingin menggunakan aplikasi ini cukup mengunduhnya melalui play store dan pendaftaran bisa dilakukan menggunakan NIK," ungkapnya.

Ia menambahkan, Sembari menunggu untuk peluncuran palikasi secara resmi, dijelaskan Hittoh untuk sosialisasi mulai dilakukan dengan menyasar seluruh elemen masyarakat.

Hal yang sama juga di sampaikan Kepala UPT Bapenda Selatpanjang Sudirman via salulernya jumat (12/8/2022) memberikan apresiasi terhadap adanya aplikasi ini.

Ia berharap, dengan adanya palikasi ini tentu memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya pengguna jalan," kata Sudirman.

"Kita apresiasi, karena aplikasi ini juga sedikit banyak berdampak bagi pekerjaan kita dan lebih penting bermanfaat bagi masyarakat."jelasnya.

Sekedar informasi, Kepala UPT Samsat Selatpanjang mengundang beberapa rekanan media spt Tribune, Riau Pos, Koran MX dalam rangka sosialisasi permulaan "SITALAM MANIS PRESISI" dengan nara sumber Baur STNK Hittoh Zaka Takahara di kantor UPT Samsat Selatpanjang.(Bom).