Taubat Nasuha Titik Balik Perbaikan Diri Seorang Hamba

Jumat, 12 Agustus 2022

ilustrasi internet

JAKARTA -- Di kalangan para sufi, nama Ibrahim bin Adham tidaklah asing. Pemilik nama lengkap Ibrahim bin Adham bin Manshur al 'Ijli ini dikenal dengan kedalaman intuisi dan ilmu hikmah yang ia miliki. Kelebihan ini menempatkannya sebagai sosok yang disegani dan karismatik.

Seperti dikutip dari Anadolu News, Kanselir Jerman Olaf Scholz dalam konferensi pers di Berlin pada Kamis (10/8), menekankan sanksi yang diberikan haruslah menargetkan Presiden Putin dan mereka yang bertanggung jawab atas perang di Ukraina.

“Kami telah mengadopsi sanksi konkret untuk menghadapi pejabat Rusia yang andil dalam perang. Tetapi jika kita sekarang memperluas langkah secara umum, termasuk orang-orang yang benar-benar tidak bersalah, maka sanksi tidak akan efektif," jelasnya.

Awal pekan ini, Finlandia dan Estonia meminta anggota Uni Eropa lainnya untuk berhenti mengeluarkan visa turis kepada warga Rusia, sebagai tanggapan atas perang di Ukraina.

Perdana Menteri Estonia Kaja Kallas dalam cuitannya pada hari Selasa (9/8) mengatakan bahwa mengunjungi eropa adalah hak istimewa, bukan hak asasi manusia. Sehingga ini adalah waktu yang tepat untuk mengakhiri pariwisata dari Rusia.

Di sisi lain, Menteri Luar Negeri Finlandia Pekka Haavisto juga berencana untuk memperketat aturan visa bagi warga negara Rusia, dan akan mengangkat masalah tersebut selama pertemuan menteri luar negeri Uni Eropa yang dijadwalkan akhir bulan ini. (rep)