Jemput Bola Pengelolaan Pendapatan Pentingnya Pajak Kendaraan Motor.

Rabu, 18 Mei 2022

Himbauan Membayar Pajar Kendaraan Bermotor.

 

Meranti,- Upaya Samsat Dor To Dor UPT Pengelolaan Pendapatan Selatpanjang memang pantas di acungi jempol pasalnya, salah satu diantaranya membangun komunikasi, sosialisasi dan edukasi ke masyarakat akan pentingnya pembayaran pajak kendaraan bermotor Rabu.

Selain itu, Pembayaran pajak kendaraan bermotor yang wajib dibayarkan satu tahun sekali secara berkesinambungan atau selama kendaraan tersebut tidak hilang atau dihanguskan.

 "Pajak tetap dibayar sekalipun kendaraan tersebut telah berpindah tangan ke pihak kedua, ketiga dan sebagainya," kata Kepala UPT Samsat Selatpanjang Sudirman Alladin Rose, SH selaku Ketua Tim Kepada Radarpekanbaru Rabu (18/5/2022) via salulernya.

Masih Kata Sudirman, Selama pihak pertama tidak melaporkan ke Samsat bahwa kendaraan tersebut, telah dijual tanpa balik nama kepihak kedua, surat tagihan pajak akan terus muncul kealamat pihak pertama setiap tahunnya.

"Mengingat pajak salah satu sumber pendapatan daerah Kami menyadari tingkat kemampuan masyarakat berfariasi dalam melakukan  pembayaran pajak, hal ini dikarenakan rendahnya kesadaran masyarakat dalam membayar pajak,"ujar Kepal UPT Samsat Selatpanjang Sudirman Alladin Rose, SH.

Meski Begitu, Kata Sudirman Mereka berpikir pembayaran pajak hanya sekali pada saat membeli kendaraan setelah itu tak pernah muncul lagi. 
Namun, semua itu bukan alasan yang tepat dan kami akan terus mendatangi dor to dor kerumah masyarakat.

Sudirman juga sembari berharap, pemerintah setempat dan jajarannya dilapangan seperti camat, lurah, kades RT dan RW ikut andil berperan mengimbau dan menyadarkan masyarakat agar membayar pajak, meski saat ini masih banyak terdapat sisa tunggakan plat merah yang belum bayar.

Meski Begitu, jelas Sudirman pula, kami dari Samsat Dor To Dor sekedar Informasi menerjunkan dua team ke Kecamatan Ransang Barat, persisnya Desa Anak Setatah dengan ketua team sdr Idham Kholid, S.Sos dan Benny Kurniawan, SE, Chichuk Suprayogi, SE masing- masing bertindak sebagai anggota team. Sementara team kedua, Said Agustiawan sebagai ketua dan Afrisdona, SE dan Mohd Finnia, SE sebagai anggota

"Saat berkunjunga ke Desa Anak Setatah Kecamatan Ransang Barat, Kepala Desa dan Sekdes sedang tidak ditempat, menurut imformasi dari Kaur Keuangan Bapak Musliman, Kades dan Sekdes ke Selatlanjang ada pertemuan di Kantor Bupati.
Sebelum beranjak ke rumah- rumah warga, Kaur harus mengutarakan jumlah penduduk 1.576 jiwa dengan 443 kk, terdapat 3 dusun (dusun karet, dusun dampa dan dusun padi) sepertinya minggu depan akan turun kembali," jelas Sudirman kembali.

 Untuk itu, kata Sudirman kambali, kami bergerak di Desa Setatah, penduduk berprofesi, nelayan,dan buruh laut, penghasilan perbulan dibawah rata- rata Untuk kendaraan plat merah desa 3 unit tidak ada tunggakan.

"Sementara team kedua menyusuri Desa Bantar persisnya di jalan Utama, jalan H. Abdullah dan jalan Pemda, ditemukan kendaraan tunggakan, hal ini disebabkan kendaraan dalam kondisi tak layak dan plat luar (BM non x) sementara kendaraan yang dimiliki warga tahun tinggi hampir semua lunas bayar," ungkap Sudirman mengakiri wawancara.(Bom).