HOAX Taufik Ikram Jamil Terpilih Ketua LAM Riau, Mubes Resmi Nanti di Dumai

Sabtu, 16 April 2022

Hoax Taufik Ikram Jamil Terpilih Ketua LAM Riau, Mubes Resmi Nanti di Dumai

Pekanbaru--Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Harian (DPH) Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Kepulauan Meranti Datuk Seri Muzamil secara tegas menolak pelaksanaan Musyawarah Besar Luar Biasa (Mubeslub) LAMR yang digelar di salah satu hotel di Pekanbaru, Sabtu (16/4/2022).

“LAMR Kepulauan Meranti baik MKA [Majelis Kerapatan Adat] maupun DPH tidak menghadiri Mubeslub tersebut. Jangankan dikabari, diundang pun tidak,” kata Datuk Seri Muzamil.

Menurut Datuk Seri Muzamil, bagi LAMR Kepulauan Meranti pelaksanaan Mubeslub tersebut tidak sesuai dengan adab Melayu karena masih ada ruang untuk melakukan musyawarah dan mufakat. 

Datuk Seri Muzamil mempertanyakan mengapa Mubeslub LAMR dilaksanakan karena Muzamil melihat tidak ada urgensinya Mubeslub LAMR harus dilaksanakan. 

“Meninggalnya Datuk Seri Al azhar selaku Ketua Umum MKA LAMR sudah digantikan oleh Datuk Seri H.R. Marjohan Yusuf, sedangkan Datuk Seri Syahril Abubakar kondisinya masih sehat dan tidak berhalangan tetap,” kata Datuk Seri Muzamil.

Menurut Datuk Seri Muzamil, LAMR Kabupaten Kepulauan Meranti mendukung keputusan Musyawarah Pimpinan (Muspim) LAMR Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Musyawarah Besar (Mubes) LAMR yang digelar di Balai Adat Melayu Riau, 11-12 April 2022 lalu yang salah satu keputusannya menetapkan Mubes VIII LAMR akan dilaksanakan di Dumai secepat-cepatnya pada 19 April 2022  dan selambat-lambat 15 Mei 2022.

Muspim LAMR tersebut menyepakati tujuh poin yaitu pertama, bahwa menyikapi persoalan yang berkembang  dilakukan upaya mediasi silaturahim Ketua Umum MKA LAM Riau dan Ketua Umum  DPH LAM Riau.

Kedua, bahwa apabila tidak dapat dilakukan maka Mubes VIII LAM Riau tetap dilaksanakan  sesuai dengan AD/ART dan batas waktu paling lama akhir masa jabatan. 

Ketiga, upaya pertemuan mediasi sebagaimana poin satu tersebut di atas diupayakan oleh Ketua Umum MKA Kabupaten/Kota yaitu Bengkalis, Dumai dan Kuantan Singingi.

Keempat, proses pada poin tiga tersebut di atas untuk selanjutnya dilaksanakan oleh Datuk Seri Ketua Umum MKA dan DPH.

Kelima, membentuk Tim Revisi AD/ART dengan melibatkan LAM Riau Kab/Kota (Pelalawan, Dumai, Pekanbaru, Kepulauan Meranti dan Kuantan Singingi.

Keenam, menetapkan Dumai sebagai tempat pelaksanaan Mubes VIII LAM Riau dan ketujuh, menetapkan tarikh kegiatan Mubes VIII dilaksanakan pada secepat-cepatnya 19 April 2022  dan selambat-lambat 15 Mei 2022. 

Hoax Taufik Ikram Jamil Terpilih Ketua LAMR

Sejumlah oknum menggelar Musyawarah Besar Luar Biasa, mengklaim dihadiri delapan pengurus LAMR kabupaten/kota selama dua hari 16-17 April 2022, di Hotel Alpa Pekanbaru, secara sepihak mengangkat Datuk Taufik Ikram Jamil sebagai Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR. Sedangkan Datuk Seri Marjohan Yusuf diamanahkan sebagai ketua umum Majelis Kerapatan Adat (MKA).

"Hasil sidang pleno kedua, mengamanahkan kepada Datuk Taufik Ikram Jamil sebagai ketua DPH LAMR dan Datuk Seri Marjohan Yusuf sebagai Ketum MKA untuk periode 2022-2027," kata oknum pimpinan sidang Datuk Tarlali, Sabtu (16/4/2022).

Memandai-mandai mengatakan sudah terpilihnya pengurus LAMR periode 2022-2027, kata Tarlali, maka pengurus LAMR masa sebelumnya dinyatakan demisioner.

"Kita akan selalu bersama-sama, apapun keputusan LAMR nanti kami ambil bersama dan diberi tahu kepada pengurus LAMR kabupaten/kota. Kami ingin tegak menjaga tuah, duduk menjaga marwah," kata Datuk Marjohan dikutip dari cakaplahcom. 

Sementara itu, Taufik Ikram Jamil saat menyampaikan sambutannya setelah terpilih, sempat memaksakan diri menangis dan menyebutkan, semoga ini menjadi ladang amal ibadahnya dan pengurus LAMR lainnya, katanya pencitraan. 

"Melayu adalah rumah masyawarah, semoga setiap kebijakan yang kami keluarkan nantinya adalah kesepakatan bersama," ungkat Datuk Taufik Ikram Jamil.

Sebagaimana diklaim, katanya delapan pengurus LAMR kabupaten/kota yang menggelar Mubeslub tersebut adalah, KamparPelalawan, Rohul, Inhil, Siak, Inhu, Bengkalis, dan Kepulauan Meranti.

Ketua Panitia Mubeslub LAMR Datuk Jonaidi Dasa dalam sambutannya mengatakan, oleh karena LAMR kabupaten/kota maka LAMR provinsi mempunyai makna dan maju. Sebab, pengurus daerahlah yang menjadi pemangku adat.

"Kami berharap, apa yang telah menjadi agenda pengurus LAMR kabupaten/kota ini berjalan dengan baik, dan kita tetap berpatok pada asas manfaat dan mufakat," ucap Jonaidi.

Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat LAMR Datuk Seri Marjohan Yusuf yang masih belum memiliki SK ini mengatakan di bulan penuh berkah ini Mubeslub LAMR digelar.

"Musbeslub ini bukanlah tandingan hasil Rapim, karena saya sudah katakan bahwa Rapim tidak sesuai aturan karena sama sekali tidak menyertai MKA LAMR. Rapim sendiri adalah rapat program tahunan LAMR," kata Marjohan.

Kelahiran LAMR adalah upaya membangkit batang terendam, dan ini berhasil dengan ditandai lahirnya Perda nomor 1 tahun 2012 tentang LAMR.

"Tanggung jawab LAMR adalah tanggung jawab kita semua dalam menjaga marwah, semoga Mubeslub ini berjalan lancar," kata Datuk Marjohan.

Gubri Bermain

Syamsuar mengutus Kepala Kantor Kesbangpol Riau Jenri Ginting, pada helat tersebut berkesempatan membuka Mubeslub LAMR. Katanya, semoga Mubeslub LAMR yang sudah dibahas sejak malam tadi ini berjalan lancar dan aman.

"Pemprov Riau berharap Mubeslub LAMR ini berjalan lancar, semoga Melayu selalu jaya dan menjadi payung negeri adat kita," harapnya.