DPRD Riau Berlakukan Paripurna Dihadiri Seluruh Anggota

Senin, 18 Oktober 2021

PEKANBARU - DPRD Riau saat ini sudah memberlakukan rapat paripurna untuk dihadiri oleh seluruh anggota DPRD Riau. Sebelumnya, semenjak pandemi, DPRD Riau memberlakukan yang mengikuti rapat secara fisik adalah ketua Komisi, Fraksi dan pimpinan saja. Anggota dewan lainnya mengikuti secara virtual.

"Sebelumnya ada usulan dari Pak Marwan dari fraksi Gerindra. Permintaan seluruh anggota DPRD dihadirkan kembali ke paripurna karena level PPKM sudah menurun. Dari hasil rapat pimpinan, secara resmi sekarang anggota DPRD Riau sudah resmi menggelar rapat paripurna secara fisik," kata Wakil Ketua DPRD Riau, Agung Nugroho, Senin (18/10/2021).

Namun, selain fisik, juga diperbolehkan kalau ada anggota yang hanya bisa virtual. Anggota dewan bisa memilih. Undangan yang dibuat sekaligus dua, yakni fisik dan virtual.

"Pandemi belum berakhir, kita tak bisa kita paksakan orang demam misalnya. Kembali ke individunya. Dengan catatan fisik dan virtual," kata Agung.

Pihaknya juga kata Agung telah melakukan konsultasi ke Kemendagri terkait hal tersebut dan memang sudah diperbolehkan. Namun harus konsisten, paripurna harus kuorum 50 persen plus 1, baik fisik maupun virtual.

"Yang jelas, kita selalu mengimbau agar terus menjaga protokol kesehatan. Menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan serta menjauhi kerumunan," tukasnya.(ckp)