Informasi Bagi Mahasiswa Baru yang ingin jadi Aktivis Mahasiswa di Kampus UIN Suska Riau

Kamis, 07 Januari 2021

Pekanbaru--Ketika menjadi mahasiswa maka mindset kita harus sudah berubah karena menjadi mahasiswa adalah yang di harapkan masyarakat sebagai agen perubahan bangsa ini, pilihan akan kita tentukan sendiri mau menjadi mahasiswa seperti apa?

Yuk jadi Aktivis Mahasiswa

Mahasiswa aktivis atau yang dikenal dengan dengan sebutan aktivis mahasiswa yakni mereka yang mengikuti perkuliahan, mengerjakan tugas, membuat laporan, praktikum dan lain sebagainya. Tetapi di luar kegiatan akademik mereka, para mereka mencoba menembus batas jendela-jendela kelas dan masuk ke dimensi lebih luas, mempunyai kesibukan lain yang membedakan mereka dengan mahasiswa kebanyakan, yang jelas bukan kesibukkan mengejar akademik kampus saja tentunya.

Mereka akan memperjuangkan hal – hal yang yang menurut mereka benar, dan menindak hal – hal yang salah dan tidak sesuai dengan idealisme mereka. Bahkan mereka dengan berani mengambil resiko untuk dalam satu waktu mengorbankan diri, pikiran, waktu bahkan kuliah demi sesuatu yang menurut mereka harus ditegakkan

Maka di sinilah yang menjadikan para mahasiswa aktivis istimewa dan luar biasa. Kesibukan yang para mahasiswa aktivis ini lakukan adalah mereka mengisi waktu luang dengan bergabung dalam lembaga, organisasi atau komunitas yang ada di dalam dan di luar kampus.

Semua ini untuk mengembangkan diri mereka sekaligus mereka juga belajar untuk menjadi mahasiswa yang tidak hanya memikirkna diri sendiri, melainkan belajar untuk peduli, mengabdi, berkontribusi, dan berpartisipasi.

Bagi sobat mahasiswa baru (maba) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau. Kamu tidak salah masuk kampus karena universitas ini punya banyak Unit Kegiatan Khusus (UKK)/ Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Kamu bisa tentukan kegiatan yang mau diikuti agar hidup kamu di kampus enggak membosankan.

Di UIN Suska ada beberapa organisasi Internal yang dapat diikuti , antara lain : 

1.Senat mahasiswa (SEMA) sebagai lembaga normatif atau legislatif kalau dulu bernama Badan Legislatif Mahasiswa (BLM)

2. Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) sebagai lembaga eksekutif atau yang lebih dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

UIN Suska juga memiliki organisasi mahasiswa yang  bergerak di bidang  melatih profesi yang diberi nama Unit Kegiatan Khusus (UKK) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Berikut daftar UKK/UKM di UIN Suska Riau, yang bisa diikuti Mahasiswa :

1. Sanggar Latah Tuah

Apa kamu suka akting atau tertarik belajar olah vokal? UKM Sanggar Latah Tuah ini tepat buat kamu. Sanggar didirikan pada 23 Oktober 1996 dan berkiprah dalam berbagai bidang seni. Seperti teater, sastra, tari, musik, sinema, olah vokal dan paduan suara.

Prestasi sanggar telah dibuktikan lewat berbagai penghargaan. Antara lain dua kali juara umum di Festival Panggung Penerangan Se-Riau dan tiga kali juara umum pada Festival Teater Se-Riau.

2.Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Gagasan

Sejak 14 Desember 1993, LPM Gagasan mewadahi mahasiswa yang tertarik di dunia jurnalistik. Setiap anggota akan mempelajari dunia pers. Mulai dari kode etik, proses peliputan, menulis berita dan banyak lagi.  

Lewat karya jurnalistik, kamu juga bisa menyampaikan aspirasi mahasiswa, baik yang terkait kehidupan kampus atau isu nasional.


3.Pramuka

UKM ini adalah tempat berkumpulnya orang-orang yang memiliki kebanggaan pada Praja Muda Karana atau Pramuka. Anggotanya bisa berdiskusi, saling memberi saran, kritik, dan pendapat untuk memecahkan masalah. Rasa kepedulian sosial kamu pada lingkungan juga bisa terasah. Sedangkan melalui kegiatan seperti Jambore, kamu dapat berkreasi untuk Indonesia dan dunia.

 4.Sanggara Kasmiah

Sanggar yang berdiri tahun 1992 ini merupakan tempat mengasah bakat musik lewat beberapa sub bidang. Seperti gitar, bass, drum, vokal, beatbox serta karikatur. Setiap hari Minggu semua sub akan melakukan latihan gabungan.

Sekarang Sanggar Kasimiah sudah mencapai angkatan ke-XXI. Sejauh ini, sanggar sudah mencetak seniman-seniman berbakat di kancah nasional, salah satunya Prasasti. Kasimiah juga memiliki grup acapella bernama K-capella.

5. Korps Sukarela Palang Merah Indonesia

Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) UIN Suska Riau berdiri pada 25 September 1999. Awalnya UKM ini digagas oleh mereka yang meminati bidang kepalangmerahan. Juga untuk mengakomodir para alumnus Palang Merah Remaja (PMR). Lewat UKM ini, kamu dapat berkontribusi di bidang kemanusiaan, sebagai bentuk tanggung jawab pada masyarakat dan bangsa.

6. Mahasiswa Pecinta Alam

Bagi yang berjiwa petualang, UKM Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) ini pas banget untuk kamu. Kamu akan sering berkegiatan di alam bebas. Selain itu, Mapala UIN Suska juga sering menunjukkan kepedulian pada lingkungan. Misalnya dengan mewujudkan kampus hijau lewat penanaman pohon.

 7.Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Karamah

LDK Al-Karamah didirikan karena melihat kondisi kebanyakan mahasiswa yang dinilai belum berpikir dan berkepribadian Islam. Visi LDK yaitu menjadikan mahasiswa UIN SUSKA Riau sholih-sholihah, berpikir, dan berkepribadian Islami.

8.Forum Kajian Islam Intensif (FKII) Asy-Syams

FKII Asy-Syams lahir pada tanggal 28 Oktober 1998. Forum ini sering mengadakan kegiatan keislaman sebagai bagian dari syiar Islam. Jika Quipperian ingin mendekatkan diri pada Islam dan ajarannya, tentu baik bagi kamu untuk bergabung dalam forum ini.

9. Himpunan Seni Silat

Ilmu beladiri kini sangat diperlukan untuk menghindari bahaya yang tak disangka dan bisa datang kapan saja. Nah, untuk Quipperian yang tertarik, kamu bisa bergabung di Himpunan Seni Silat. UKM ini mewadahi mahasiswa yang ingin mempelajari silat. Latihan-latihan rutin yang diadakan akan membuat mahasiswa semakin ahli dan tangguh.

10. Koperasi Mahasiswa

Kopma UIN Suska Riau didirikan untuk memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan mahasiswa melalui unit usaha yang dikelola oleh mahasiswa sendiri. Sebagai koperasi, Kopma UIN Suska Riau dituntut untuk mengelola usahanya secara mandiri. Oleh karena itu, setiap anggotanya harus belajar mengkoordinasi dan memanajemen sesuatu. Lewat UKM ini kamu bisa belajar ilmu niaga dan berlatih menjadi seorang profesional.

11. Resimen Mahasiswa

Resimen Mahasiswa (Menwa) merupakan salah satu kekuatan sipil yang dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI. Mahasiswa yang tergabung dalam Menwa juga menjadi komponen cadangan pertahanan negara. Setiap anggotanya akan mendapat pelatihan ilmu militer, seperti penggunaan senjata, taktik pertempuran, survival, terjun payung, bela diri militer dan sebagainya. Mau jadi orang tangguh? UKM Menwa ini tepat untuk kamu geluti.

12. UIN Suska Mengajar

Seperti kata Bung Karno, mahasiswa adalah agent of change atau agen dari perubahan. Untuk itu, pada 24 Mei 2012 didirikanlah UIN Suska Mengajar. UKM ini sekaligus gerakan yang komponennya terdiri dari desa binaan, pengajar dan hibah buku. Di sini, kamu bisa menunjukkan aksi nyata yang membuktikan kepedulian terhadap pendidikan di Indonesia.

13. Marching Band

Awalnya Suska Marching Band dibentuk secara mendadak untuk memeriahkan acara pembukaan Milad UIN Suska Riau, pada 11 Februari 2014. Hingga sekarang anggota UKM ini sudah berjumlah 40 orang. Untuk kamu yang suka memainkan alat musik tiup, perkusi, dan sejumlah instrumen pit, UKM ini bisa jadi pilihan tepat untuk menggali bakatmu.

Setiap kegiatan mahasiswa yang ada di UIN Suska Riau tentunya bisa melatih soft skill sesuai bidang yang kamu sukai. Jadi, dari semua daftar UKM tadi, silahkan pilih, sobat mau gabung yang mana mau gabung yang mana nih.

Selain yang internal adalagi organisasi Mahasiswa Eksternal Berpengaruh di Indonesia, Tertarik Masuk? 

  1. PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA (PMII) 
  2. HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM (HMI) 
  3. KESATUAN AKSI MAHASISWA MUSLIM INDONESIA (KAMMI) 
  4. GERAKAN MAHASISWA KRISTEN INDONESIA (GMKI) 
  5. GERAKAN MAHASISWA NASIONAL INDONESIA (GMNI)
  6. PMKRI 
  7. Ikatan Mahasiswa Muhammadyah (IMM)

Data organisasi eksternal Kampus bisa kamu dapatkan dengan cara browsing di Internet.