Mengapa Allah SWT Terkadang tak Kunjung Kabulkan Doa Kita?

Sabtu, 25 September 2021

RADARPEKANBARU.COM - Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa Allah SWT tak kunjung mengabulkan doa yang Anda panjatkan? 

 

Tentang pertanyaan ini, pernah dibahas Lembaga Fatwa Mesir Dar Al Ifta melalui jejaring resmi media sosial Facebook. 

Sebagaimana dilansir elbalad pada Jumat (24/9) anggota Lembaga Fatwa Mesir Dar Al Ifta, Syekh Mahmud Syalabi, menjelaskan sebagaimana ditegaskan dalam hadits Nabi Muhammad ?:

“Sesungguhnya doa itu terkadang dapat mengubah dari takdir.” 

Jadi doa itu benar-benar bisa mengubah takdir kecuali yang diinginkan itu buruk atau jahat. Dan doa benar-benar dapat mengubah takdir menjadi baik. 

Karena itu seyogianya jangan tergesa-gesa bagi seorang manusia dalam memutuskan doa itu diterima atau tidak.  

Syekh Mahmud menekankan bagi seseorang yang berdoa itu harus memenuhi tiga hal yaitu, mengambil langkah atau berusaha terlebih dahulul, berdoa, lalu menyerahkan hasilnya kepada Allah SWT.  

Begitu juga dijelaskan Syekh Ahmad Mamduh. Dia mengatakan, Allah itu mengabulkan doa baik itu cepat atau pun lambat. Sebagaimana Allah telah berfirman:  

???????????? ?????????? ?????? “Berdoalah kepadaKu niscaya Aku kabulkan doamu.” (QS Gafir ayat 60).   

"Yakinlah bahwa Allah akan menjawab doamu, dan ketahuilah bahwasanya keyakinanmu dengan akan dikabulkannya doa oleh Allah SWT itu adalah syarat doa bisa diijabah. Dan kamu harus bersungguh-sungguh dalam berdoa, dan bersabar, karena Allah itu mencintai hamba yang gigih dalam berdoa lebih dari sekali.” 

Selain itu syekh Mamduh juga menyebutkan syarat untuk doa agar diijabah adalah jaga selalu makanan dan minuman yang kita konsumsi halal murni. Maksudnya jauhkan diri dari dari perkara haram sebab itu bisa menghambat terkabulnya doa. Selain itu bersihkan hati sehingga doa dapat cepat diijabah.  (rep)