60 Hotspot Terpantau di Riau.

Rabu, 28 Juli 2021

ilustrasi internet

PEKANBARU,Radarpekanabru.com - Setelah sempat berkurang, hari ini kembali terjadi lonjakan titik panas atau hotspot di provinsi Riau. Jumlah titik panas naik drastis dibandingkan sebelumnya. "Hari ini terpantau 60 titik panas di Riau, terjadi lonjakan drastis dibandingkan hari sebelumnya," ujar Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru Anggun, Rabu (28/7/2021).

Ia mengatakan, 60 titik panas ini tersebar di 10 wilayah dengan sebaran terbanyak di kabupaten Indragiri Hulu, yakni sebanyak 14. "Selanjutnya ada di Kepulauan Meranti 11 titik, Pelalawan dan Indragiri Hilir masing-masing sebanyak 8 titik, Siak dan Dumai masing-masing 6 titik, Bengkalis 3 titik, Kuantan Singingi 2 titik, Rokan Hilir dan Rokan Hulu masing-masing satu titik," cakapnya.

Dikatakan Anggun, dari jumlah tersebut, 2 titik diantaranya adalah titik api. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut dipastikan ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan. "Kedua titik tersebut berada di Kabupaten Kepulauan Meranti tepatnya di Kecamatan Rangsang," ucapnya. Sementara 58 titik lainnya berada di level rendah dan sedang, rinciannya 6 titik di level rendah dan sisanya berada di level sedang.

"BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," sebutnya. Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 34.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 50 – 96 %. Sementara arah angin berhembus ke arah Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 05 – 30 Km/jam. Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 – 1.25 meter. (ckp)