Jangan Berputus Asa

Selasa, 27 Juli 2021

ilustrasi internet

RADARPEKANBARU.COM - “Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri sendiri! Janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya, Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Demikian arti dari surah az-Zumar ayat 53. Firman Allah SWT dalam Alquran itu memberikan kabar gembira untuk kaum beriman yang tidak berputus asa.

Menurut Prof Buya Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka) dalam Tafsir al-Azhar, ayat tersebut mengingatkan kaum Muslimin tentang betapa luasnya kasih sayang Tuhan. Maka dari itu, di antara sifat-sifat ideal dalam diri seorang MOM-ukmin ialah optimistis.

Terlebih lagi, Allah Ta’ala Mahamelihat segala perbuatan hamba-hamba-Nya, termasuk yang berusaha keras dalam kebajikan. Dia pun Mahateliti terhadap segala yang dikerjakan setiap makhluk-Nya.

Dengan menyadari hal itu, seorang Muslim akan berpasrah diri kepada Allah. Sikap demikian tidak menjurus pada pesimisme. Sebab, tawakal berarti menyerahkan keputusan terbaik kepada Zat Yang Maha Adil lagi Mahabijaksana sesudah diri berikhtiar.(rmol)