Pekanbaru Butuh 80 Ribu Dosis Vaksin

Jumat, 23 Juli 2021

RADARPEKANBARU.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih menunggu tambahan vaksin dari pemerintah pusat. Saat ini, pemerintah setempat butuh 80 ribu dosis untuk vaksin kedua.

Walikota Pekanbaru Firdaus tidak menampik pelayanan vaksinasi di Pekanbaru terganggu. Warga yang ingin mendapatkan vaksin suntikan pertama pun harus ditunda.

"Kalau untuk pelayanan dan petugas kita siap. Tapi persoalannya kuota untuk vaksin itu sendiri," kata Firdaus, Jumat (23/7/2021).

Pemko sudah mengajukan 82 ribu dosis vaksin tambahan. Namun, hingga saat ini Pemko masih menunggu distribusi vaksin ini. Ia menyebut, dalam waktu dekat pemerintah pusat akan mengirim 41 ribu vial vaksin ke Provinsi Riau.

"Ini dibagi lagi dengan Kabupaten/Kota di Riau. Kebutuhan kita saja untuk vaksin suntikan kedua 80 ribu. Jika vaksin ini telah didistribusikan, maka peruntukannya diprioritaskan bagi suntikan dosis kedua," jelasnya.

Ia mengaku, distribusi vaksin terkendala dari pemerintah pusat. Secara nasional, pembelian vaksin ke pabrik juga rebutan dengan negara lain. Keterbatasan vaksin juga menjadi perhatian pemerintah pusat.

"Maka distribusi (vaksin) disesuaikan dengan kondisi wilayah. Saat ini yang diprioritaskan daerah Jawa - Bali yang menerapkan PPKM darurat atau yang disebut dengan kondisi level 4," jelasnya.(ckp)