Kala Setan Pertanyakan Sang Pencipta, Bagaimana Jawabannya?

Senin, 19 Juli 2021

RADARPEKANBARU.COM - Setan telah mendedikasikan umur dan seluruh hidupnya untuk menghancurkan anak keturunan adam. Maka orang yang berakal hendaknya selalu waspada dan bersikap hati-hati terhadap tipu daya iblis. 

 

Dikutip dari buku Talbis Iblis karya Ibnu Al Jauzi dengan pentahqiq Syekh Ali Hasan Al Halabi, dari Aisyah RA, bahwasanya Rasulullah ? bersabda: 

“Sesungguhnya setan  akan mendatangi salah seorang kalian, lantas ia bertanya: 'Siapakah yang menciptakanmu?' Ia menjawab: 'Allah. Kemudian setan  akan bertanya lagi: 'Siapa yang menciptakan Allah?' Bila salah seorang kalian mendapati hal demikian, maka ucapkanlah: 'Aku beriman kepada Allah dan Rasul-Nya'. Sesungguhnya perkataan itu dapat menghilangkannya.” 

Allah Ta'ala memerintahkan umat Islam untuk berlindung dari gangguan setan  yang terkutuk ketika hendak membaca Alquran. Dia Azza wa Jalla berfirman: 

"Maka apabila engkau (Muhammad) hendak membaca Alquran, mohonlah perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk" (QS An Nahl 98). Juga ketika mengobati yang terkena sihir: 

 "Katakanlah, 'Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar)'" (QS Al Falaq 1).

Diceritakan dari seorang ulama salaf, bahwa suatu saat dia bertanya kepada muridnya: "Apakah yang akan kamu lakukan apabila setan  menggoda kamu untuk melakukan kemaksiatan?" Dia menjawab: "Akan aku lawan dia dengan sungguh-sungguh".

Si ulama bertanya lagi, "Bagaimanakah jika setan  datang kembali?" Murid itu lantas menegaskan: "Aku akan melawan dengan sungguh-sungguh". Lagi-lagi si ulama bertanya, "Bagaimana jika setan  datang kembali?" Murid itu mengulangi jawabannya: "Aku akan melawan ia dengan sungguh-sungguh". 

Ulama tadi menyatakan, "Ini akan menjadi panjang. Bagaimana pendapatmu jika kamu melewati sekawanan kambing, dan tiba-tiba anjing penjaganya menyalak atau menghalangimu lewat. Apakah yang akan kamu lakukan?" Murid itu menjawab, "Aku akan mendorongnya sekuat tenaga". 

Si ulama berkata, "Ini juga akan menjadi panjang. Sebenarnya cukup bagimu untuk meminta tolong kepada pemilik kambing tersebut, supaya dia mencegah anjingnya dari menyerangmu."   (rep)