BPS Riau Berusaha Tingkatkan Kualitas Data Statistik

Rabu, 24 September 2014


RADARPEKANBARU.COM - Plh Kepala BPS Provinsi Riau Zulfikar Rizki, dalam sambutannya saat membuka "Workshop Wartawan; Pemanfaatan Data dan Informasi Statistik" mengatakan "Badan Pusat Statistik (BPS) bertekad meningkatkan kualitas data statistik, sehingga minat masyarakat memanfaatkan data yang dikeluarkan BPS juga semakin tinggi," katanya dalam rangka Hari Statistik Nasional yang jatuh 26 September, di Hotel Pangeran, Pekanbaru, Rabu (24/9).


Pada acara yang dihadiri Inspektur Wilayah II BPS Agus Subeno, para pimpinan redaksi media massa, pimpinan perguruan tinggi dan utusan berbagai instansi pemerintah tersebut, mengaku pihak BPS sangat sedih bila data yang telah dikumpulkan dan diolah dengan bersusah payah menggunakan uang negara, namun tidak dimanfaatkan masyarakat.


"Karena itu kita bertekad untuk terus meningkatkan kualitas data statistik yang dihasilkanBPS, sehingga semakin tinggi pula minat masyarakat memanfaatkannya," ujarnya.


Zulfikar menambahkan, tema Hari Statistik Nasional tahun ini adalah "Dengan Semangat Hari Statistik Nasional Kita Tumbuh Kembangkan Peran Serta Masyarakat dalam Pembangunan Statistik".


Sementara Inspektur Wilayah II BPS Agus Subeno dalam pemaparannya mengungkapkan, BPS merupakan salah satu lembaga penghasil data statistik terbaik di dunia.


"Kita selalu berusaha menjamin terjaganya kualitas dan merilis data statistik lebih cepat ke masyarakat," kata Agus Subeno.


Dalam upaya menjamin kualitas data statistik yang dihasilkan, lanjut Agus Subeno, pihak BPS memberikan peluang kepada pihak eksternal memberikan penilaian. "Ternyata tingkat kepuasan para pemakai data BPS cukup tinggi, sekitar 80 persen," jelasnya.(ram/gr)