Ali Mochtar Ngabalin Dukung Rusli Ahmad Sebagai Ketua FKUB Riau

Selasa, 08 Juni 2021

https://youtu.be/e466eSVsIzQ

PEKANBARU – Tenaga Ahli Utama di Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin mendukung Rusli Ahmad Sebagai ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Riau. 

Ali Mochtar mengaku bahwa dirinya sudah lama mengenal sosok sahabatnya Rusli Ahmad dan tidak diragukan lagi kemampuannya dalam kepemimpinan. 

"Sebagai sahabat saya akan beckup sahabat saya kapanpun diperlukan" kata Ali Ngabalin. 

Sebagaimana diketahui sebelumnya Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Riau, Prof. Dr. Ilyas Husti bersama perwakilan pengurus organisasi keagamaan mengunjungi Ketua Umum DPP Santri Tani Nahdatul Ulama (Santan NU), T. Rusli Ahmad, Jumat (4/6/2021) lalu di Green House, Jl Utama Sari, Pekanbaru.

Kedatangan rombongan tersebut untuk menyampaikan aspirasi terkait kepengurusan Forum Kerukunan Umat Beragama.

Dijelaskan Prof. Dr. Ilyas Husti, masa kepengurusan FKUB Provinsi Riau dalam waktu dekat akan berakhir. Pemprov Riau melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Riau telah mengirimkan surat kepada Organisasi Keagamaan yang ada di Riau untuk mengirimkan nama-nama yang akan mengisi kepengurusan FKUB masa bakti 2021-2026.

Nama-nama tersebut sudah dikirimkan kepada Pemprov Riau. Selanjutnya MUI dan pimpinan organisasi keagamaan dari Kristen Protestan, Katholik, Budha, Hindu, dan Konghucu sudah berdiskusi tentang sosok calon ketua FKUB mendatang.

“Ternyata semuanya sepakat untuk memilih T. Rusli Ahmad sebagai Ketua FKUB periode yang akan datang. Karena itu kami datang ke sini untuk menyampaikan aspirasi dan harapan, agar kiranya T. Rusli Ahmad bersedia menjadi Ketua FKUB,” ungkap Ilyas Husti.

Dijelaskannya, para pimpinan organisasi keagamaan tersebut menilai sosok Rusli Ahmad sebagai sosok yang mampu menjalin komunikasi dengan semua tokoh agama. Selama ini, Rusli Ahmad, kerap mengajak semua tokoh lintas agama dalam berbagai kegiatan. “Hal ini sangat baik dalam membangun kesamaan visi dan pandangan sehingga tercipta keharmonisan antar pemeluk agama di Bumi Lancang Kuning ini,” kata Ilyas Husti.

Hal senada disampaikan Frans P.F. Sirait, S.Si dari Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Riau. Menurutnya, sosok Rusli Ahmad memiliki komitmen yang kuat dalam menjaga keharmonisan dan toleransi antar umat beragama di tanah air. “Itulah menjadi alasan bagi kami di PGI untuk mendukung Bapak Rusli Ahmad menjadi ketua FKUB,” ujar Frans.

Tokoh-tokoh agama lain dari Parisada Hindu Dharma Indonesia Riau, Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) Riau, Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi) dan tokoh Katholik, juga menyatakan secara lugas bahwa mereka siap mendukung dan berjuang mendudukkan Rusli Ahmad sebagai Ketua FKUB.

Dalam kesempatan itu, perwakilan organisasi-organisasi keagamaan itu menyerahkan langsung surat pernyataan dukungan tersebut kepada T. Rusli Ahmad. Selanjutnya surat dukungan tersebut akan juga diserahkan kepada Kesbangpol Riau.

Menanggapi aspirasi dan permintaan para tokoh agama tersebut, Ketua Umum DPP Santan NU itu menyatakan dirinya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan tersebut. Meski demikian ia mengatakan belum dapat menjawab secara langsung aspirasi tersebut.

“Saya minta waktu untuk berdiskusi dan sumbang saran dulu dengan Forkompinda atas amanah yang saudara-saudara berikan ini. Insya Allah secepatnya akan saya sampaikan jawabannya,” ujar Rusli.

Secara lengkap mereka yang hadir dan menyatakan dukungan terhadap Rusli Ahmad menjadi Ketua FKUB adalah sebagai berikut:

1.MUI Provinsi Riau
(Prof.Dr.H.Ilyas Husti,MA/Ketua Umum)
(H.Abunawas.S.Ag,.MM/Sekretaris umum)

2.PGI Wilayah Riau
(Pdt.Adolv Bastian Marpaung,M.Th/Ketua Umum) (Pdt.Julianus Ginting,S.Th/Sekretaris Umum)

3.Walubi Provinsi Riau
(Kong On/Ketua) (Mukhtar/Wakil Sekretaris)

4.Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Riau (Ir.I.Gusti Gde Nyoman Wiratama/Ketua)

5.Gereja Katolik Paroki Santa Maria a Fatima sewilayah Provinsi Riau (P.Emilius Sakoikoi.Pr/Pastor Paroki)

6.Majelis Tinggi Agama Konghucu(MATAKIN) Provinsi Riau (Ws.Djalius,SH/Ketua)

7.FKUB Provinsi Riau Periode 2016-2021
(Ir.H.Nasrun Effendi,MT/Ketua).