Anto Rahman Nilai Rusli Ahmad Sangat Pas Jadi Ketua FKUB

Senin, 07 Juni 2021

RADARPEKANBARU.COM - Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) merupakan wadah yang memiliki peran strategis di tengah meningkatnya ancaman disintegrasi bangsa seperti sekarang. Untuk itu FKUB harus dipimpin oleh sosok yang memiliki komitmen yang kuat dalam menjaga semangat kebersamaan dan persatuan di kalangan umat beragama.

Demikian disampaikan Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila (PP) Provinsi Riau, H Arsyadianto Rahman, saat ditanya mengenai calon pemimpin FKUB periode 2021-2026, Minggu, (6/6/2021). "Jangan sampai FKUB ini dipimpin oleh orang yang pemahaman nasionalismenya sempit dan hanya mementingkan kelompok tertentu saja," ujarnya. 

Dikatakan pria yang akrab disapa Anto Rahman ini, Riau sebagai daerah yang berbatasan dengan negara tetangga, memiliki tingkat kerawanan yang tinggi. "Beberapa kali terjadi insiden terkait terorisme di Riau menandakan bahwa sangat perlu untuk ditingkatkannya pemahaman tentang kerukunan antar umat beragama," kata Anto.

Menurutnya, figur seperti Rusli Ahmad sangat pas untuk dijadikan ketua dalam forum seperti ini. Rekam jejak aktivitas Rusli Ahmad dalam membangun dialog antara tokoh-tokoh keagamaan sudah sangat panjang. 

"Silahkan lihat di media-media, banyak sekali berita yang menampilkan upaya Rusli Ahmad dalam menggelar dialog antara para tokoh agama. Kepedulian sosial yang dia tunjukkan juga tak pernah pilih-pilih. Semua penganut agama ia bantu. Ini menunjukkan bahwa ia merupakan sosok yang dapat mengayomi semua lapisan masyarakat tanpa memandang suku, agama, dan Ras," terang Anto.

Karena itu, ia tidak heran jika baru-baru ini para tokoh dan pemimpin agama yang ada di Riau sudah menyatakan mendukung Rusli Ahmad menjadi ketua FKUB. "Jadi kalau ada pihak yang mencoba mengganjal Rusli Ahmad jadi ketua FKUB, patut kita pertanyakan motif dan kepentingannya," katanya.

Nilai plus yang juga dimiliki Ketua Umum DPP Santri Tani Nusantara (SantanNU) itu, menurut Anto, adalah kapasitasnya yang sudah diakui oleh para tokoh nasional. Ini bisa dilihat bagaimana interaksinya dengam pejabat-pejabat di pusat. "Tak hanya menteri, bahkan Presiden Jokowi kalau datang ke Riau pasti menyediakan waktu bertemu dengan Rusli Ahmad.

Hal senada juga disampaikan Ketua Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK) Provinsi Riau, Ir AZ Fachri Yasin M.Agr. Dia menyebut bahwa sosok Rusli Ahmad sangat tepat untuk memimpin FKUB. 

“Rusli Ahmad merupakan figur yang tepat untuk memimpin FKUB Riau kedepan. Kita semua tau bagaimana rekam jejak Rusli Ahmad mulai sejak awal berkarir hingga saat ini,” ujar Fachri Yasin, Ahad (6/6/2021). 

Fachri mengaku sangat tau dan kenal sangat dekat dengan sosok tokoh Nahdlatul Ulama (NU) ini. Maka dari itu, ketika mendengar nama Ruali Ahmad digadangkan sebagai Ketua FKUB periode berikutnya, maka ia tidak ragu lagi menyatakan dukungan secara serius.(r24)