Tim Pansus Air Limbah DPRD Pekanbaru Kunjungi Kementerian PUPR

Sabtu, 05 Juni 2021

RADARPEKANBARU.COM - Tim Pansus Ranperda Instalasi Air Limbah Domestik DPRD Pekanbaru mendatangi Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR. Di sana anggota Pansus ini membicarakan terkait program pengendalian instalasi air limbah domestik yang dibangun di Pekanbaru. Saat ini sendiri pengerjaan instalasi air limbah tengah dikerjakan, hal itu terlihat di Kecamatan Sukajadi dan Kecamatan Pekanbaru Kota.

"Saat ini tim Pansus tengah menyingkronkan metode jaringan, pengerjaan serta pengelolaannya. Dan juga dengan regulasi yang akan diterapkan akan diserahkan ke pemerintah daerah, kemudian nantinya pemerintah akan mengelolanya dalam bentuk UPTD," cakap koordinator penanggung jawab pansus, Nofrizal, Jumat (4/6/2021).

Nofrizal yang juga merupakan Wakil Ketua DPRD Pekanbaru ini mengatakan bahwa proyek nasional ini sendiri merupakan bantuan dari luar negeri, dari itu DPRD akan memanggil pihak kontraktor serta konsultan proyek tersebut. "Di situ ada regulasi dan retribusi, dan limbah domestik ini hanya untuk rumah tangga bukan untuk perusahaan," tegasnya.

Nantinya limbah ini sendiri akan bermuara ke Kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya, namun politisi PAN ini juga mengungkapkan bahwa tim Pansus juga belum mengetahui limbah ini nanti akan dijadikan apa. "Nanti akan kita cek ini mau dijadikan apa, IPAL inikan di pinggir sungai maka itu jangan sampai IPAL ini mencemari sungai Siak," katanya.

Nantinya IPAL ini akan dikelola oleh pemerintah kota, dari itu nantinya juga akan ada kajian berapa anggaran dari pemerintah kota yang akan dikeluarkan untuk pengelolaan IPAL ini. (ckp)