Tokoh Agama Islam Afghanistan Sayed Saifullah Safi Dibunuh

Senin, 24 Mei 2021

AFGANISTAN - Aksi pembunuhan tokoh terkemuka di Afghanistan terus berlanjut. Terbaru, kejadian tersebut menimpa Mawlawi Sayed Saifullah Safi, kepala Dewan Agama Distrik Syed Khail di provinsi Parwan tengah utara ibu kota Kabul.

Gubernur Distrik Ahmad Umer mengatakan kepada media Turki, Anadolu Agency, bahwa Mawlawi Safi ditembak mati oleh pembunuh tak dikenal di depan sekolah umum pada Minggu (23/5) pagi waktu setempat.

Belum ada klaim pertanggungjawaban langsung atas pembunuhan di daerah yang dirusak oleh pemberontakan Taliban tersebut. Sejumlah tokoh terkemuka kehilangan nyawa mereka tahun ini akibat serentetan kekerasan yang sedang berlangsung, termasuk Mawlawi Ayaz Niazi, pemimpin doa Masjid Wazir Mohammed Akbar Khan yang sangat dihormati di zona diplomatik yang dijaga ketat di Kabul.

Sejumlah tokoh media, termasuk presiden Persatuan Jurnalis Ghazni Rahmatullah Nikzad, koresponden berita wanita di Nangarhar; Malala Maiwand, koresponden Radio Azadi Elyaas Dayee, dan Yama Siavash, seorang mantan presenter Tolo TV, juga tak lepas dari kebiadaban para pembunuh.

Kekerasan mematikan kembali ke Afghanistan setelah gencatan senjata tiga hari untuk merayakan Hati Raya Idul Fitri pekan lalu. Sejak Presiden AS Joe Biden mengumumkan tanggal penarikan pasukan AS,  Afghanistan telah menyaksikan lonjakan serangan Taliban yang mematikan di seluruh negeri yang telah menyebabkan meningkatnya korban di semua sisi.(rmol)