Dirut BRK Tetap Yakin Konversi ke Syariah akan Sukses

Jumat, 09 April 2021

RADARPEKANBARU.COM - Direktur Utama Bank Riau Kepri, Andi Buchari mengatakan, meskipun banyak persoalan yang terjadi menjelang konversi ke Syariah, namun ia memastikan kondisi Bank Riau Kepri sangat baik saat ini.

Sebagaimana diketahui, menjelang konversi BRK ke Syariah, berbagai persoalan harus dihadapi oleh BUMD Riau tersebut, antara lain, Komisaris Utama Yan Prana yang tersangkut kasus korupsi dan juga kasus penipuan nasabah yang terbuka ke publik.

Andi bahkan berseloroh, meski sektor perbankan babak belur dihantam pandemi, BRK tetap bertumbuh positif bahkan melampaui Bank Pembangunan Daerah lain.

"Likuiditas kita sangat baik. Bahkan nasabah kita terus bertambah dengan program baru kita. Pertumbuhan laba kita sangat besar, 45 persen pertumbuhannya. Ini jauh dibandingkan industri perbankan yang negatif pertumbuhannya, BPD saja tak sampai 2 persen," kata Andi, Kamis (9/4/20221).

Andi juga mengatakan, kondisi BRK saat ini mengalami peningkatan aset perusahaan, dimana terus bertumbuh sehat mencapai 12 persen. Kemudian dana pihak ketiga tumbuh 11 persen. Tingkat pembiayaan bermasalah sangat kecil 2,83 persen gross, net-nya di bawah satu persen.

"Artinya sangat sehat bank ini," cakapnya lagi.

Melihat hal ini, Andi berharap tidak ada keraguan bagi masyarakat untuk menggunakan BRK. Apalagi dengan konversi yang akan dilakukan Andi menyebut kinerja bank akan semakin efisien. "Konversi mudah-mudahan tahun ini. Harapan kita semester ini," tukasnya. (ckp)