50 Hotspot Terpantau di Sumatera, Terbanyak di Riau

Sabtu, 13 Februari 2021

RADARPEKANBARU.COM - Berdasarkan data dan analisa yang dilakukan oleh Badan Meteorologi,  Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, hari ini Sabtu (13/2/2021) ada 50 titik panas atau hotspot yang terdeteksi di Sumatera, terbanyak ada di Provinsi Riau yakni 16 titik.

 

Sementara 34 titik lainnya tersebar di daerah di Sumatera,  seperti Aceh 2 titik, Jambi 5, Sumatera Barat 6, Sumatera Utara 11 dan Kepulauan Riau 5 titik. "Untuk Provinsi Riau ada 16 titik yang tersebar di beberapa daerah di antaranya, Dumai 2, Bengkalis 2, Siak 2, Pelalawan 5 dan Indragiri Hilir 5 titik," ujar Forecaster On Duty BMKG, Yudhistira.

 

Yudhistira juga mengimbau masyarakat untuk menghindari aktivitas yang bisa memicu terjadinya karhutla, mengingat saat ini Provinsi Riau mulai memasuki musim panas. Meski terdeteksi masih ada peluang hujan, namun menurut Yudhistira,  intensitas hujan hanya terjadi di sebagian kecil daerah di Riau dan sifatnya hanya hujan lokal. 

 

"Potensi hujan sudah mulai minim,  untuk pagi ini potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Pelalawan dan Kuantan Singingi. Sementara siang hari cuaca di Riau kembali cerah berawan," ujarnya lagi. 

 

Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diperkirakan kembali terjadi pada malam hari terutama di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, Kota Dumai, Kota Pekanbaru, Bengkalis dan Kabupaten Pelalawan. Kita imbau masyarakat untuk waspada angin kencang dan petir terutama di sebagian derah Kabupaten Kuansing," imbau Yudhistira. 

 

Untuk informasi suhu udara di Riau hari ini berada di angka 23.0 – 32.0 °C dengan kelembapan udara 55 – 97 %. Sementara untuk arah angin bergerak dari Barat Laut – Timur Laut / 05 – 36 km/jam.  Sementara untuk prakiraan gelombang laut di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 – 1.25 m (rendah). (hrc)