Sudah Rampung, Rusunawa Kota Pekanbaru Belum Juga Digunakan

Selasa, 09 September 2014


RADARPEKANBARU.COM - Secara fisik, bangunan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) di lokasi Teluk Lembu Ujung sudah rampung. Namun hingga saat ini, bangunan yang rencanakan akan dikelola oleh Pemko Pekanbaru melalui UPTD di Dinas Cipta Karya tersebut belum digunakan.

Padahal sudah beberapa kali rencana penyerahan bangunan dari Kementrian PU tersebut akan diserahkan, selalu saja diundur. Meski begitu, Pemko Pemko menargetkan tahun depan, bangunan yang memiliki tiga menara ini sudah bisa digunakan. Hal ini dikatakan Sekretaris Dinas Cipta Karya Pekanbaru, Heri Mufti kepada wartawan, Selasa (9/9).

"Hibah bangunan belum kita terima. Informasinya masih di Kementrian Keuangan guna administrasi penyerahan bangunan tersebut ke Pemko Pekanbaru. Meski belum ada kepastian, kita sudah siapkan badan pengelolanya nanti. Target kita, tahun depan sudah ada yang mengisi bangunan tersebut sehingga masyarakat Pekanbaru tidak ada lagi yang tidak memiliki tempat tinggal," terang Heri Mufti.

Sebagaimana diketahui, rusunawa tersebut terdiri dari tiga menara dengan ketinggian lima dan enam lantai. Total rumah tipe 24 yang terdiri dari satu kamar tidur, satu ruang tamu, satu dapur dan kamar mandi ini mencapai 228 kamar. Sementara itu, terkait biaya sewa per rumah sempat disampaikan sebelumnya yaitu mulai dari Rp170 ribu hingga Rp500 ribu per bulan.

Diprioritaskan, rumah tersebut akan diberikan kepada pekerja baik untuk pekerja di wilayah Kawasan Industri Tenayan (KIT) dan wilayah Pekanbaru. Kembali terkait dengan penyerahan hibah dari pusat, Heri menyatakan itu masih menjadi wewenang pusat.

"Kita dalam status penerima, tidak mungkin kita mendorong mereka untuk cepat. Yang jelas, kita lihat kondisi Rusun tersebut sebelum diserahkan karena masih ada sisa perawatan dari kontraktor pusat. Jika tidak layak,tentu kita minta dirapikan sesuai dangan kondisi yang layak," tutupnya. (ram/dr)