UAS Dukung Paslon di Pilkada, Pengamat Nilai akan Berpengaruh

Kamis, 26 November 2020

RADARPEKANBARU.COM - Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Aidil Haris menilai Ustaz Abdul Somad akan memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap para calon kepala daerah yang didukungnya pada Pilkada serentak 2020.

UAS sendiri telah menyatakan bahwa dirinya mendukung penuh dua pasangan calon di Pilkada Riau, yaitu Hafith Syukri-Erizal di Rohul dan Paisal-Amris di Dumai. 

"Pastinya akan berpengaruh besar. Pesan-pesan dari UAS memberikan pengaruh strategis. Jadi di daerah-daerah dengan Paslon yang didukung UAS bagi fans UAS akan memberikan pertimbangan lebih menentukan sikap. Karena ketokohan UAS mempengaruhi pemilih," kata Aidil Haris.

Dengan UAS yang sudah turun tangan langsung tersebut pasti akan mendongkrak perolehan suara dari pemilih. Namun berapa besar dongkrakan tersebut, kata Aidil tentunya tidak akan tahu persis. 

Lebih lanjut, Aidil mengatakan bahwa UAS termasuk dalam kategori opinion leader yang opininya sangat berpengaruh untuk pemilih.

"Saya rasa calon-calon yang diusung UAS ini sudah diatas angin. Namun tetap saja mereka harus bekerja keras. Berdasarkan prediksi beberapa survey kan di tengah pandemi ini partisipasi pemilih bakal mengalami penurunan. Bahkan sampai 20-30 persen. Nah alasan itu bisa saja lawan-lawan politiknya (dari paslon yang didukung UAS) memanfaatkan dengan pendekatan persuasif dan merangkul kelompok tertentu dengan pendekatan persuasif. Semua peluang bagaiamanpun masih terbuka," cakapnya lagi. 

Lebih lanjut, ia mengatakan, upaya-upaya dari para paslon tersebut untuk menggaet suara di akhir-akhir masa kampanye memang sangat menarik untuk disimak, terlebih seperti dukungan UAS.(ckc)