2015, Panti Rehabilitasi Sosial Ditargetkan Rampung

Jumat, 29 Agustus 2014

Dr Mutia Eliza MM

RADARPEKANBARU.COM - Rencana Pemerintah Kota Pekanbaru untuk merehabilitasi gelandang dan pengemis (gelandangan dan pengemis) asal Pekanbaru masih menunggu Panti Rehabilitasi Sosial Rampung dibangun. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. melalui Dinas Sosial dan Pemakaman merencanakan Panti Rehabilitasi Sosial ini selesai pada tahun 2015 nanti. Panti ini akan dibangun di Palas Kecamatan  Rumbai.

Disampaikan oleh Kepala Dinsos Pekanbaru, Dr Mutia Eliza MM, bahwa pihaknya telah menganggarkan Rp 4 miliar untuk pembangunan panti tersebut. Penganggaran ini telah dimasukkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2015. "Kita telah memasukkan anggaran pembangunan sebesar Rp 4 miliar pada APBD 2015. Saat ini kita sedang menunggu pengesahannya di Provinsi," ujarnya pada Jumat (29/8).

Dikatakan lagi oleh Mutia bahwa saat ini proyek pembangunan panti tersebut masih pada tahap Detail Engineering Desain (DED). Setelah anggarannya cair dan perencanaan pembangunannya sudah matang, ia mengatakan panti tersebut akan segaera dibangun.

"Kita merencanakan panti ini memiliki kapasitas 50 orang. Panti ini nanti diperuntukkan hanya untuk gepeng asal Pekanbaru saja. Untuk gepeng yang berasal dari daerah lain, kita akan pulangkan. Anggaran kita tidak cukup jika gepeng dari daerah lain kita juga yang tanggung," jelas Mutia.

Selama dalam panti tersebut, para gepeng akan dibekali kemampuan untuk mempu melakukan usaha sendiri tanpa harus meminta-minta lagi. Pemko juga tiap tahunnya menganggarkan pelatihan wirausaha untuk para gepeng yang dibina oleh Disos. "Tiap tahunnya sekitar 15 hingga 20 orang gepeng kita berikan pelatihan. Setelah selesai, kita beri mereka modal usaha seperti peralatan-peralatan pendukung usaha mereka," jelas Mutia.

Mutia juga berpesan kepada masyarakat Pekanbaru untuk tidak memberikan sumbangan kepada gepeng yang ada di jalanan. Karena menurutnya ini sama dengan mengajarkan mereka malas dan suka meminta-minta. "Kita sering mengingatkan masyarakat agar tidak memberikan sumbangan di jalanan. Kan sudah ada tempat-tempat yang sudah disediakan seperti pada panti asuhan, pengumpul zakat, dan badan resmi lainnya,"paparnya.

Mutia juga berpesan kepada gepeng agar meninggalkan kegiatan meminta-minta. "Carilah pekerjaan yang lebih layak dan sesuai dengan kemampuan. Jangan meminta-minta lagi," pesannya.(ram)