KPU Rohul Terima Pendaftaran Sukiman-Indra Gunawan

Sabtu, 05 September 2020

RADARPEKANBARU.COM - Pasangan Sukiman-Indra Gunawan, Jumat (4/9/2020) resmi mendaftarkan diri ke KPU Rokan Hulu (Rohul). Sebelum mendaftar, bupati petahana itu diarak keliling Kota Pasirpangaraian dengan menggunakan becak oleh ribuan pendukungnya. / Pasangan Sukiman-Indra Gunawan, menjadi bapaslon pertama yang mendaftar ke KPU Rohul. Pasangan yang diusung 6 partai ini mendaftar usai salat Jumat. 

Masa pendukung pasangan ini sudah mulai berkumpul memadati Tugu Ratik Togak setelah salat Jumat. Berbagai kendaraan baik kendaraan roda 4 dan 2 serta puluhan becak motor yang sudah dilengkapi atribut partai pengusung ikut meramaikan arak-arakan mengantarkan paslon ke KPU Rohul.

Sukiman dan Indra Gunawan sendiri berangkat mendaftar ke KPU dengan menggunakan becak motor. Sesampai di taman kota, pasangan ini tidak langsung menuju ke kantor KPU namun terlebih dulu keliling kota Pasirpangaraian.

Setelah berkeliling, paslon ini kemudian disambut ratusan simpatisan di taman Kota Pasirpangaraian yang ikut mengantarkan paslon hingga pagar kantor KPU Rohul.

Di depan pagar yang dijaga ketat aparat kepolisian, paslon dan ketua dan sekretaris partai pengusung mulai berpisah dengan masa pendukung. sesuai SOP KPU, Polisi hanya memperbolehkan paslon, ketua dan sekretaris parpol, pendamping parpol, 2 LO masuk ke dalam pagar kantor KPU.

Setelah masuk, pagar kemudian ditutup dan sebagian pendukung paslon kemudian membubarkan diri dengan tertib. Sementara rombongan paslon yang berkepentingan kemudian menjalankan protokol kesehatan yakni mencuci tangan dan pemeriksaan suhu tubuh. 

Setelah itu, paslon dan rombongan diberikan pengarahan oleh komisioner KPU tentang tata cara pendaftaran. Sembari mengecek kehadiran orang yang wajib hadir saat pendaftaran. Sembari memberikan penjelasan kepada paslon dan rombongan, tim lain tampak melakukan penyemprotan disinfektan dan membungkus berkas persyaratan Calon dan syarat pencalonan dengan menggunakan plastik.

Setelah dilakukan serah terima berkas, kemudian paslon diarahkan ke ruang Ketua KPU Rohul untuk menunggu proses Verifikasi berkas yang dilakukan tim KPU lainnya di ruang selatan kawasan kantor KPU. Verifikasi berkas paslon Sukiman-Indra Gunawan berlangsung selama 2 jam. Ketua KPU Rohul menyebutkan lamanya pemeriksaan berkas dikarenakan banyaknya berkas yang harus diverifikasi mengingat pasangan ini diusung banyak parpol. 

"Dari hasil verifikasi berkas dan kehadiran yang dilakukan, KPU menyatakan syarat pencalonan lengkap dan sah, sementara syarat calon keduanya lengkap," cakap Ketua KPU Rohul Elfendri. 

Setelah berkas pendaftaran diterima, maka Sukiman dan Indra Gunawan akan melanjutkan tahapan selanjutnya yakni pemeriksaan kesehatan yang akan dilakukan di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru pada tanggal 6 September 2020.

"InsyaAllah dari hasil swab kedua paslon yang mendaftar hari ini sudah keluar dengan hasil negatif, setelah berkas diterima maka Paslon akan menjalankan tes kesehatan di RSUD Arifin Achmad," imbuh ketua KPU. 

Sementara itu, Ketua Koalisi Rokan Hulu Maju Kelmi Amri mengatakan, dengan telah diterimanya pendaftaran Sukiman Indra Gunawan maka 1 pekerjaan Tim Koalisi Rokan Hulu Maju sudah selesai. Tugas selanjutnya adalah melakukan kerja pemenangan. 

"Kita akan jadikan Rumah Kader kita sebagai rumah pemenangan, ini upaya serius kita dari parpol untuk memenangkan pasangan Sukiman dan Indra Gunawan," tutupnya.(ckc)