BP Jamsostek Cabang Duri Terapkan One to Many

Sabtu, 29 Agustus 2020

RADARPEKANBARU.COM - Ditengah Pandemi Corona Virus Disease - 2019 (Covid - 19) yang menyebabkan terdampaknya perekonomian perusahaan juga secara tidak langsung berdampak pada kenaikan jumlah peserta klaim yang datang ke Kantor BP Jamsostek Cabang Duri.

Sesuai arahan Pemerintah untuk tetap menjalankan semua bentuk pelayanan, maka BP Jamsostek menerapkan pola layanan One To Many People melalui Lapak Asik. Bentuk layanan ini merupakan layanan tanpa kontak langsung antara peserta yang mengajukan klaim dengan petugas.

BP Jamsostek Cabang Duri sendiri telah menyiapkan 5 konter One To Many People yang bertujuan mengurangi padatnya antrian peserta yang jumlahnya kian meningkat tajam di masa Pandemi Covid - 19. Tercatat, hingga 28 Agustus ini, BP Jamsostek Cabang Duri telah membayarkan klaim sebesar Rp48.580.482.660,00 dengan jumlah sebanyak 4.688 kasus.

Meski terjadi jumlah peningkatan klaim, BP Jamsostek telah menyiapkan beberapa kanal lainnya, selain Lapak Asik, yakni kanal online maupun kolektif melalui perusahaan. Protokol Lapak Asik ini telah berjalan sejak Maret 2020 dan sejak awal Pandemi Covid - 19.

"Layanan Offline sebagai alternatif solusi bagi tenaga kerja yang mengalami kendala saat melakukan pendaftaran antrian online, dengan tetap tidak mempertemukan petugas BP Jamsostek secara langsung sesuai anjuran Pemerintah dalam mengurangi risiko penyebaran covid - 19. Melalui pola layanan One To Many People yang mempertemukan petugas dengan peserta secara online melalui media komputer yang telah disediakan di ruang layanan BP Jamsostek Cabang Duri untuk melakukan verifikasi data oleh petugas kami,"jelas Kepala Cabang BP Jamsostek Duri, Achiruddin, SE, MH. 

Kamis (27/8/20) lalu, Presiden Joko Widodo telah menyalurkan secara simbolis kepada Rp 2,5 juta tenaga kerja tahap pertama penerima Bantuan Subsidi Upah yang juga diseremonialkan di setiap Kantor Cabang BP Jamsostek di seluruh Indonesia, termasuk Kantor Cabang Duri.

Di Kantor Cabang Duri sendiri, penyerahan BSU diberikan langsung oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Hj. Kholijah didampingi oleh Kepala Kantor Cabang BP Jamsostek Duri, Achiruddin, SE, MH.

Hingga kini, telah terverifikasi nomor rekening Tenaga Kerja yang sesuai dengan persyaratan penerima BSU sebanyak 31.441 dari Cabang Duri. Untuk pencairan selanjutnya sesuai yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo akan dilakukan secara bertahap.(rtc)