Trump Tantang Biden Tes Narkoba Sebelum Debat Capres

Jumat, 28 Agustus 2020

WASHINGTON DC -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump menantang rivalnya Joe Biden untuk melakukan tes narkoba sebelum debat capres digelar. Trump melemparkan tantangan tanpa memberikan bukti apapun atas kecurigaannya terhadap calon presiden dari Partai Demokrat itu.

 

Dalam sebuah wawancara dengan Washington Examiner, Trump mengaku terkejut dengan performa Biden selama pemilihan pendahuluan Demokrat. "Kami akan menyerukan tes narkoba," kata Trump, Rabu (26/8) seperti dikutip dari AFP. Dia melihat penampilan Biden dalam debat terakhir melawan senator Vermont Bernie Sanders pada Maret lalu sangat berbeda dengan sebelumnya.

 

Meski tidak memiliki bukti nyata atas kemungkinan Biden memakai narkoba, Trump menyatakan bahwa dia cukup ahli dalam hal itu. "Saya melihat dia dalam debat dengan orang-orang yang berbeda," kata Trump. Menurut dia, Biden bisa dikatakan tidak kompeten dalam debat sebelumnya. Tetapi, ketika berhadapan dengan Bernie, penampilannya jauh berbeda. "Bagaimana itu bisa terjadi?" ujar Trump.

 

Trump pernah membuat pernyataan serupa pada kontestasi Pemilu AS pada 2016 lalu. Dia menuduh pesaingnya Hillary Clinton memakai narkoba. "Saya pikir kita harus melakukan tes narkoba sebelum debat," katanya saat kampanye di New Hampshire kala itu.

 

"Aku tidak tahu apa yang terjadi dengannya. Tapi sebelum debat terakhir, dia sangat bersemangat," kata Trump. Rencananya debat pertama Pilpres AS antara Trump dan Biden dilaksanakan pada 29 September. Sementara dua debat berikutnya akan berlangsung pada 15 dan 22 Oktober.(rep)