Bantu Pemerintah Sosialisasikan Protocol New Normal Kepada Masyarakat Desa Sungai Selari

Rabu, 26 Agustus 2020

RADARPEKANBARU.COM - Tim KUKERTA Relawan Desa Sungai Selari melakukan serangkaian kegiatan pengenalan protocol kesehatan new normal kepada masyarakat Desa Sungai Selari yang ditetapkan Pemerintah. Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat mengetahui secara jelas dan menjalani protokol kesehatan sesuai dengan anjuran yang telah ditetapkan pemerintah pada masa new normal pandemic Covid-19 ini, dimana ini juga merupakan salah satu bentuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Desa Sungai Selari khususnya. Sosialisasi ini ditujukan kepada lokasi-lokasi yang sering dikunjungi masyarakat, diantaranya adalah kantor desa, warung-warung dan juga tempat ibadah seperti mesjid ataupun musholla. Tim KUKERTA Relawan melakukan Sosialisasi ini secara bertahap.

Adapun beberapa hal yang dilakukan tim KUKERTA Relawan Covid-19 UNRI di masa new normal Covid-19 dimulai dengan melakukan penyemprotan disinfektan sekaligus gotong royong membersihkan tempat ibadah diantaranya di musholla Al-A’raf pada Sabtu, 20 Juni 2020, mesjid Al-Muhtadin pada Senin, 06 Juli 2020. Dalam hal ini, Tim KUKERTA Relawan juga menempelkan poster yang berisikan informasi mengenai protokol kesehatan pada masa new normal.

Tim KUKERTA Relawan berharap walaupun sudah mulai boleh melakukan sholat berjamaah masyarakatpun harus tetap waspada terhadap penularan virus ini, karena kita juga tidak dapat melihat virus dengan kasat mata sehingga memang harus tetap mengikuti protokol. Selain penempelan poster, tim KUKERTA Relawan juga memberikan alat praktis cuci tangan dimana alat ini berfungsi untuk memudahkan masyarakat yang beribadah untuk mencuci tangan tanpa berkontak langsung dengan dengan orang sebelumnya yang telah menggunakan alat itu. Pengurus Masjid juga berharap kita sama sama dapat memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 ini.

Tim KUKERTA Relawan Covid-19 juga melakukan sosialisasi langsung mengenai new normal kepada masyarakat pada Jum’at, 10 Juli 2020 dengan turun ke masyarakat yakni ke warung-warung yang ada di lingkungan Sungai Selari karena mengingat bahwa masyarakat juga banyak melakukan interaksi di warung untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Tim KUKERTA memberikan vitamin dan juga masker kepada pihak warung dengan tujuan agar kita sama sama dapat menjaga kesehatan, apalagi kepada pemilik warung yang akan ber-kontak fisik langsung dengan orang-orang yang berbeda setiap waktunya. Selain itu Tim juga menempelken poster new normal dan sedikit berwawancara dengan pemilik warung untuk memberikan informasi jumlah orang yang telah terpapar covid-19 ini.

“Harapannya semoga dengan adanya sosialisasi tentang new normal ini bisa membiasakan kita untuk selalu melakukan kegiatan sesuai dengan protokol kesehatan agar kita terhindar dari virus covid-19. Kalau bukan dari diri kita sendiri lalu dari siapa lagi?” harap Irfan Ahmad Ubaidillah selaku koordinator Tim KUKERTA Relawan.(rls)