Inovasi Baru, e-KTA Polri Bisa Difungsikan sebagai ATM

Jumat, 22 Agustus 2014

Asisten SDM Mabes Polri Irjen Pol Drs Mustafa Hari KuncoroDan didampingi Kapolda Riau Tunjukkan Kartu e-KTA

RADARPEKANBARU.COM - Guna menertibkan administrasi dan administrasi keuangan ditubuh Polri, Mabes Polri bekerjasama dengan Bank BRI terbitkan Kartu Tanda Anggota Elektronik atau e-KTA untuk seluruh anggota Polri di Indonesia.

Sosialisasi e-KTA di Polda Riau langsung dilakukan oleh Asisten SDM Mabes Polri Irjen Pol Drs Mustafa Hari Kuncoro dan Kepala Pusat Keuangan Mabes Polri Brigjend Pol Drs Bambang Giri SE MBA MH serta perwakilan Bank BRI Pusat di Hotel Pangeran, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

Dalam sosialisasi itu selain dihadiri oleh Asisten SDM dan Kepala Pusat Keuangan Mabes Polri juga dihadiri oleh Kapolda Riau Brigjen Pol Condro Kirono dan seluruh pejabat teras di lingkungan Polda Riau serta seluruh Kapolresta/Kapolres se Riau.

Menurut Jenderal Bintang Dua itu, e-KTA itu merupakan gebrakan inovatif Polri untuk melakukan pembaharuan dan perubahan di jajaran Polri. "Untuk melakukan pembaharuan dengan menggunakan e-KTA itu kita menggandeng Bank BRI," ujar Mustafa.

Tujuan diterbitkannya e-KTA kata Mustafa adalah untuk penertiban administrasi dan administrasi keuangan Polri. "Jadi dengan e-KTA itu tidak ada kebocoran dan juga lebih mudahkan memantau keuangan Polri," ucapnya.

e-KTA itu tambah Mustafa, akan terus disosialisasikan keseluruh Polda se Indonesia. "Saat ini sudah tiga Polda kita sosialisasikan diantaranya  Polda Kalimantan Timur, Polda Sulawesi dan Polda Riau yang ketiga. Mudah-mudahan e-KTA ini secepatnya kita terapkan," terang Mustafa.

Mustafa juga menyampaikan, e-KTA itu nantinya akan berjalan sesuai sistem diseluruh jajaran Polda. "Dimana semua data anggota sudah terintegral dan tinggal dimatchingkan dengan rekening pada setiap Bank yang dimiliki anggota Polri. Karena e-KTA itu bisa dijadikan sebagai ATM," ungkap Mustafa.

Lebih jauh Mustafa juga menambahkan, e-KTA tersebut dilengkapi dengan chip pengaman, seperti yang terdapat disetiap kartu ATM. "Jadi hanya pemilik kartu yang bisa mengoperasikan e-KTA tersebut," kata Mustafa.

Selain berfungsi sebagai ATM, e-KTA juga berfungsi sebagai kontrol seluruh anggota Polri, terutama bagi anggota yang disersi. "Sebab dengan e-KTA itu kita bisa memblokir rekening anggota yang disersi tersebut," papar Mustafa.

Pemberlakuan E-KTA nantinya bukan saja untuk anggota Polri, tapi juga untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dikepolisian.

Sementara itu, Kepala Pusat Keuangan Mabes Polri Brigjend Pol Drs Bambang Giri SE MBA MH mengatakan untuk pembuatan e-KTA tersebut Polri tidak ada mengeluarkan biaya. "Seluruh biaya pembuatan dilakukan oleh Bank BRI,"ujar Bambang.

Diberlakukannya e-KTA tersebut disambut baik oleh Kapolda Riau Brigjen Pol Condro Kirono. Menurut Condro, selain bisa berfungsi sebagai ATM, dengan e-KTA juga memudahkan melihat data seluruh anggota. "Sebab dengan e-KTA data seluruh personil dimasukan, mulai dari tanggal lahir sampai riwayat hidup dan pendidikan serta golongan darah," ujar Condro.

Ketika ditanya kapan seluruh anggota Polda Riau menggunkan e-KTA? Condro menyampaikan, kemungkinan tahun 2015 sudah teralisasi. "Sebab semua data anggota belum diserahkan. Kalau sudah diserahkan baru bisa dikeluarkan," ungkapnya.

Kepala Wilayah Bank BRI Riau I Made Suprateka ditempat yang sama mengatakan, penerbitan e-KTA untuk anggotanya baru pertama dilakukan oleh Polri. "Sedangkan yang bekerjasama dengan kita banyak, termasuk TNI, tapi TNI belum menggunakan e-KTA," ucapnya.

I Made juga menyampaikan, dengan e-KTA sangat membantu dan memudahkan pemegangnya. "Sebab selain untuk data keuangan dan untuk ATM juga bisa berfungsi untuk pembayaran Mikro," kata I Made.(adr/tpc)