Warga di Tenayan Raya Pekanbaru Temukan Mortir

Jumat, 13 Maret 2020

RADARPEKANBARU.COM - Ketika sedang membersihkan lahan di Jalan Badak Ujung, Perkebunan Eks PT Bintan, RT 03/RW 01, Kelurahan Melebung, Kecamatan Tenayan Raya, sejumlah warga dikagetkan dengan keberadaan sebuah mortir berukuran cukup besar, Kamis (12/03/20) siang.

Mortir temuan berwarna biru tersebut memiliki diameter 90 cm, dengan panjang 175 cm dan berat 100 kilogram. "Mortir yang ditemukan itu berwarna biru, pertama kali ditemukan oleh saksi bernama Mahmud Rifai ketika yang bersangkutan dan beberapa temannya sedang membersihkan lahan di TKP.

Ukurannya cukup besar dengan berat lebih kurang 100 kilogram," ujar Kapolsek Tenayan Raya, Kompol Hanafi kepada riauterkini.com Begitu menemukan mortir itu, sambung Hanafi, saksi dan rekan-rekannya pun langsung melaporkannya ke Polsek Tenayan Raya.

Polisi yang tiba di TKP pun langsung mensterilkan lokasi dan menghubungi tim jibom Brimobda Riau untuk mengamankan mortir tersebut. Selanjutnya mortir itu diserahkan ke Korem 031 Wirabima.

"Berdasarkan keterangan saksi lain, sekitar tahun 1980 an, TKP penemuan mortir tersebut pernah menjadi tempat latihan Angkatan Udara. Mengenai kondisi mortir masih aktif atau tidak, masih diselidiki," tandasnya.***(rtc)