Banyak Pendatang Baru Pasca Lebaran, Disnaker Siap Layani Pencaker

Rabu, 06 Agustus 2014


RADARPEKANBARU.COM - Banyaknya pendatang baru pasca lebaran yang masuk ke kota Pekanbaru dikhawatirkan membludaknya para pencari kerja (Pencaker) dan meningkatnya angka pengangguran. Menghadapi itu, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) siap melayani pencaker yang datang ke Disnaker.

"Persiapan khusus tidak ada, kalau pencari kerja datang kita layani. Kalau mereka pendatang baru harus punya KTP. Setidaknya ada tanda pengenal diri sementara. Tapi, sampai sekarang belum ada para pendatang yang mendaftar ke kita," kata Kepala Disnaker Jhonny Sarikoen kepada wartawan, Rabu (6/8/2014).

Ditanya bagaimana ketersediaan lapangan kerja dan apakah sebanding dengan angka pencaker yang terdaftar, Jhonny mengakui sebenarnya lapangan pekerjaan cukup banyak tersedia. Namun, ada hal yang membuat lapangan pekerjaan itu tidak terisi secara keseluruhan.

"Kadang kan problemnya ada pada pencaker, misalnya diterima di perusahaan dan ditempatkan keluar daerah, mereka yang tidak mau. Sebagian ada lowongan marketing, misalnya mereka tidak mau," sebutnya.

Mengupayakan meningkatnya angka pengangguran, pihaknya sudah memiliki program-program, seperti pembinaan dan pembekalan agar pencaker dapat menemukan pekerjaan atau pun membuka usaha sendiri dari pelatihan yang didapat.

"Kita tidak bisa memilah antara pencaker yang pendatang dan tidak. Pencari kerja itu kan bisa saja, orang yang tidak nganggur. Kalau upaya mengurangi pengangguran ada yang sifatnya langsung, memeberikan pelatihan kewirausahaan, melakukan kegiatan padat karya, pelatihan teknologi tepat guna. Kita juga bekali mereka melalui pelatihan dan pemagangan," jelasnya.(ram)