Bacaan Niat Mandi sebelum Salat Jumat

Jumat, 08 November 2019

RADARPEKANBARU.COM - Jumat penuh berkah, oleh karena itu umat Islam dianjurkan melakukan amalan-amalan sunah. Yaitu ibadah yang jika dikerjakan mendapat pahala, namun ditinggalkan tidak berdosa. Nah bagi Muslim yang ingin mengerjakan amalan Sunah pada Jumat berkah ini, salah satu yang mudah dilakukan adalah mandi sebelum Salat Jumat.

 

Ketua Bidang Bidang Pendidikan dan Kaderisasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat KH Abdullah Jaidi mengatakan, mandi sebelum melaksanakan Salat Jumat adalah sunah, meski begitu yang terpenting sebenarnya adalah bebas dari hadast dan nazis sebelum salat.Meski begitu bagi yang berangkat dari rumah, ia tetap menganjurkan untuk mandi dan memakai wangi-wangian sebelum Salat Jumat."Bagi mereka yang santai-santai di rumah kemudian yang ingin Salat Jumat baru mandi, pakai pakaian bersih, pakai wangi-wangian," ujarnya kepada Okezone saat ditemui di Kantor Pusat MUI, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

 

Abdullah juga menambahkan bahwa yang sedang menjalankan aktivitas seperti pergi ke kantor, itu tidak perlu mandi karena sudah dibersihkan sebelum berangkat. "Gini, kalau kita ada aktivitas seperti ini, kita kan sudah mandi dari pagi. Intinya sebelum Salat Jumat, disunahkan (mandi)," jelasnya.Sementara diterangkan dalam hadist berikut ini:

?????? ??????? ?????????? ????? ???????? ??????????? ??????????????

 

Artinya: "Dari Ibnu Umar, Rasulullah SAW bersabda " Apabila salah seorang dari kamu hendak sembahyang (salat) Jumat, hendaklah ia mandi". (H.R Muslim) Kemudian bagi Muslim yang akan mandi sebelum melaksanakan Salat Jumat, baiknya diawali dengan membaca niat. Bacaan niat tersebut yaitu:

???? ????? ????? ???? ?????? ??? ??? ?????

Nawaitul ghusla li hudhuri shalatil Jum‘ati sunnatan lillahi ta‘ala.

Artinya: "Saya niat mandi sunah untuk menghadiri Salat Jumat karena Allah SWT"(okz)