Polisi Buru Aktor Intelektual Kericuhan di DPR

Jumat, 27 September 2019

RADARPEKANBARU.COM - Unjuk rasa dalam penyampaian pendapat, baik dari mahasiswa dan pelajar yang dilaksanakan di Gedung DPR/MPR berakhir ricuh. Hal tersebut berlangsung selama dua hari berturut-turut.

 

Soal itu, Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan pihaknya tengah melakukan investigasi dan memburu siapa aktor intelektual kericuhan dalam dua aksi tersebut. "Saat ini sedang diinvestigasi oleh Polri," kata Dedi, Jumat (27/9/2019).

 

Dedi menduga ada pihak yang sengaja menimbrung sehingga mengacaukan situasi penyampaian pendapat oleh mahasiswa dan pelajar kepada terkait rancangan undang-undang (RUU). "Perusuh sudah menunggangi demo-demo kemarin," tuturnya.

 

Sebagaimana diketahui saat unjuk rasa mahasiswa bergerak pada 24 September 2019 di DPR berakhir ricuh saat sore hari. Akibatnya petugas harus menembakan gas air mata dan bentrok antara mahasiswa dengan aparat.

 

Satu hari kemudian, sekelompok pelajar yang terdiri dari pelajar SMA dan STM juga menggelar aksi di DPR/MPR. Gerakan yang disebut STM Melawan pun kembali terjadi kericuhan antara massa dengan aparat.(okz)