Karhutla, Pekanbaru dan Pelalawan Masih Berasap

Jumat, 23 Agustus 2019

RADARPEKANBARU.COM.Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau tak kunjung hilang. Jumat (23/8/2019) pagi asap di Kota Pekanbaru terasa sangat pekat.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mencatat hari ini memang ada 2 wilayah yang diselimuti asap yakni Pekanbaru dan Pelalawan.

"Hari ini Pekanbaru dan Pelalawan memang masih diselimuti kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan," ujar Marzuki, Jumat (23/8/2019).

Ia mengatakan akibat kabut asap tersebut, jarak pandang juga menjadi sangat terbatas. "Iya kabut asap membuat jarak pandang 2 wilayah yakni Pekanbaru dan Pelalawan terbatas. Pekanbaru jarak pandangnya 4 kilometer dan Pelalawan 2 Kikometer," jelasnya.

Sementara itu, untuk Dumai dan Inhu jarak pandangnya juga memang terbatas. Namun bukan disebabkan oleh asap, tapi karena udara kabur. "Untuk Inhu jarak pandangnya 4 kilometer dan Dumai 5 kilometer," cakapnya.

Dijelaskan Marzuki, udara kabur terjadi akibat adanya partikel-partikel yang menghalangi udara, sehingga terjadilah kabur.

"Kalau udara kabur ini memang hanya sebentar saja. Jika matahari tinggi udara pasti akan normal kembali. Namun kita akan terus lakukan pemantauan," katanya.(ckc)